Search

Imigrasi  Awasi 37 Turis Asal Amerika  Berkunjung di Pulau Terluar Kepri  

Turis Amerika bersama petugas Imigrasi Kepri. (foto:gus)
Turis Amerika bersama petugas Imigrasi Kepri. (foto:gus)
Batam,reportasenews.com – Sebanyak 37 turis asal Amerika mendatangi sebuah pulau kecil bernama pulau Lengkang (Rabu,04/6/2018) yang terletak didaerah kecamatan Belakang Padang,Provinsi Kepulauan Riau,Pulau kecil ini memiliki panorama alam yang indah dan kebudayaan khas melayu.
Pulau Lengkang terletak di perbatasan Indonesia-Singapura,pulau yang dihuni mayoritas masyarakat pesisir melayu kepulauan riau.
Kedatangan 37 turis wisata manca negara asal Amerika tentunya langsung disambut perangkat RT/RW dan masyarakat setempat dengan suguhi tarian,kemudian para turis ini juga diberikan pemondokan milik warga yang terletak disekitar resort milik Telunas Beach Resort percisnya pinggiran pantai pulau Lengkang.
Menurut Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian,Washono mengatakan sebelumnya 37 turis manca negara asal Amerika ini dibawa oleh pihak PT. Island Connections selama 5 hari lamanya.
 “Selain menikmati panorama alam keberadaan pulau yang berbatasan dengan negara singapura ini hingga hari minggu mendatang”Ujar Washono.
Washono juga menambahkan rombongan turis ini terdiri dari 37 orang wisatawan yang keseluruhannya telah dilakukan pemeriksaan dokumen secara lengkap,seluruhnya berkewarganegaraan Amerika, bahkan 37 turis tersebut membawa juru bahasa untuk mempermudah komunikasi dengan warga sekitar.
Selain menikmati keindahan alam dan budaya di pulau yag berbatasan langsung dengan negara singapura ini,Washono mengatakan kedatangan para wisatawan asal Amerika mendatangi pulau Lengkang adalah perkenalan terhadap budaya hinterland di wilayah Kecamatan Belakang Padang, yang mana mayoritas merupakan penduduk berbudaya melayu.
“Perkenalan budaya yang dimaksud termasuk mempelajari gaya hidup gotong royong masyarakat melayu, tata cara makan,cita rasa kuliner masakan khas melayu,kebiasaan rumah tangga masyarakat tradisional,hingga mempelajari tarian serta musik melayu”jelas Washono.
Rencananya kedatangan wisatawan ini juga akan melakukan kegiatan sosial bersama dengan warga sekitar untuk bergotong royong bersama dengan warga sekitar untuk membuat lapangan sepak takraw,uniknya lagi para wisatawan ini berencana membangun lapangan olahraga.
Kedatangan para turis asal Amerika ini diharapkan akan memberikan keuntungan bagi warga pulau lengkang, biasanya para wisatawan yang berkunjung menikmati keindahan panorama alam,namun berbeda dengan wisatawan Amerika ini yang membantu sejumlah fasilitas seperti,lapangan olah raga dan fasilitas umum di daerah pulau perbatasan tersebut.
Disinggung soal perizinan dokumen para turis mancanegara ini,Imigrasi memastikan tidak ada penyalahgunaan dokumen atau izin kunjungan wisatawan tersebut.
 ” Namun sebagai insan imigrasi, kami tetap harus memastikan bahwa tidak terdapat penyalahgunaan izin tinggal maupun tindak pidana keimigrasian yang terjadi pada saat kegiatan berlangsung” tutup Kasi Wasdakim Imigrasi Belakang Padang, Washono.(gus)



Loading Facebook Comments ...