Search

India Lakukan Uji Coba Rudal Balistik Agni 2 Mampu Bawa Kepala Nuklir

rudal balistik

India, reportasenews.com – Uji coba India menggunakan rudal Agni-II tingkat menengah yang mampu membawa kepala rudal nuklir

Uji coba Agni II, rudal permukaan-ke-permukaan, dilakukan dari peluncur mobile di Launch Complex-4 dari Integrated Test Range (ITR) sekitar pukul 08.38, kata sumber tersebut.

India pada hari Selasa menguji coba rudal jarak menengah yang mampu mengoperasikan rudal Agni-II dengan jarak tembak 2.000 km dari Pulau Abdul Kalam di lepas pantai Odisha, kata sumber-sumber pertahanan.

Uji coba rudal permukaan-ke-permukaan dilakukan dari peluncur mobile di Launch Complex-4 dari Integrated Test Range (ITR) sekitar pukul 8.38, kata sumber tersebut.

Rudal Balistik Intermediate Range (IRBM) telah dilantik ke dalam layanan dan tes hari ini dilakukan oleh Komando Pasukan Strategis Angkatan Darat (SFC) dengan dukungan logistik yang disediakan oleh Defense Research and Development Organization (DRDO), kata mereka.

Rudal balistik Agni-II 20 mt-panjang memiliki bobot peluncuran 17 ton dan dapat membawa muatan 1.000 kg sejauh 2.000 km.

Rudal mutakhir, yang sudah menjadi bagian dari arsenal negara tersebut untuk pencegahan strategis, diluncurkan sebagai latihan latihan oleh angkatan bersenjata, seorang ilmuwan DRDO mengatakan.

Agni-II, sebuah rudal dua tahap, dilengkapi dengan sistem navigasi akurasi tinggi yang canggih dan dipandu oleh sistem komando dan kontrol yang unik didorong oleh sistem propelan roket padat, katanya.

Seluruh lintasan uji coba dilacak oleh baterai radar yang canggih, stasiun pengamatan telemetri, instrumen elektro-optik dan dua kapal angkatan laut yang berada di dekat titik impaksi di daerah hulu Teluk Benggala.

Agni-II dikembangkan oleh Advanced Systems Laboratory bersama dengan laboratorium DRDO lainnya dan diintegrasikan oleh Bharat Dynamics Limited, Hyderabad, kata beberapa sumber.

Rudal tersebut merupakan bagian dari rangkaian rudal Agni yang mencakup Agni-I dengan jarak 700 km, Agni-III dengan jarak 3.500 km, Agni-IV dan Agni-V keduanya memiliki kemampuan jarak jauh.

Jenis proto pertama dari rudal Agni-II dilakukan pada tanggal 11 April 1999 dan peluncuran terakhir adalah percobaan pengguna pada tanggal 4 Mei 2017. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...