Search

India Membuat Identifikasi Khusus Untuk Sapi dan Domba

identifikasi ternak

India, reportasenews.com – Pemerintah Telangana memiliki program untuk mendistribusikan domba, untuk membantu mengangkat ekonomi dan membantu komunitas gembala. Namun, ketika beberapa penerima manfaat memutuskan untuk menjual beberapa hewan di wilayah tetangga, untuk mendapatkan keuntungan, kemudian timbul masalah melacak posisi ternak itu.

Untuk melacak domba-domba tersebut dan memastikan bahwa insiden ini tidak terjadi lagi, pemerintah baru-baru ini memberi tag telinga dan memotret domba, di bawah Paket Khusus untuk Pengembangan Domba untuk pemeliharaan domba dan kambing.

Laxma Reddy, Managing Director Koperasi Koperasi Cabang dan Koperasi Koperasi Telangana, mengatakan kepada koran The Hindu, “Setiap tag telinga pada domba memiliki 11 digit nomor identifikasi yang ditempelkan pada saat pengadaan. Untuk membuatnya sangat mudah, gambar domba diambil dan diunggah ke portal resmi departemen untuk tujuan masa depan dan untuk mengklaim asuransi jika tidak mati. “

Memberi hewan dengan tag identifikasi unik tampaknya merupakan cara untuk melacaknya. Pada bulan Agustus, sekitar 85 sapi penghasil susu dan kerbau diberi nomor identifikasi 12 digit sehingga mereka bisa mendapatkan layanan kesehatan yang lebih baik. Komponen ‘Pashu Sanjivni’ dari National Mission on Bovine Productivity Scheme, yang dimulai pada bulan November 2016, meluncurkan pemberian tag.

Pada tahun 2014, Kepala Menteri Vasundhara Raje mendirikan 39 pos terdepan untuk perlindungan sapi di Rajasthan, memberi tag mereka dengan nomor identifikasi unik dan menambahkan lebih banyak tempat penampungan, untuk kesejahteraan dan perlindungan mereka dari penyelundupan.

Penandaan telah lama digunakan dalam konservasi satwa liar. Hewan yang terancam punah diberi nomor UID sehingga data komprehensif mengenai kesehatannya dapat terjaga. Di alam liar, pemberian tag membantu pejabat tidak hanya mencatat sensus namun kualitas kesehatan sensus tersebut.

Pada hewan piaraan yang dipelihara untuk perdagangan, contoh penggunaan nomor UID bersifat sporadis. Jharkhand menandai 12.000 sapi dengan nomor mirip Aadhar, untuk memantau hasil susu, dan melindunginya dari penyelundup.

Identifikasi hewan dimulai karena alasan identifikasi kepemilikan, untuk menunjukkan siapa yang punya. Melacak data ini membantu para ahli untuk menilai apakah produktivitas dapat ditingkatkan, tanpa membahayakan kesehatan hewan. Ada banyak perangkat, untuk binatang yang berbeda. Ada tag telinga, kalung, implan microchip dan gelang kaki, untuk mengidentifikasi mereka.

Di India, penandaan hewan akan bermanfaat, karena ini adalah cara terbaik untuk menyimpan pemeriksaan makro pada populasi ternak yang besar. Menurut National Dairy Development Board, populasi ternak di India mencapai 500 juta, pada tahun 2012. Tag yang ditempelkan pada hewan tidak dapat dirusak, rusak atau dicuri.

Jika informasi tag dimasukkan dalam basis data bersama, riwayat dan rincian hewan tertentu akan langsung ditemukan. Dengan cara ini, kedua penggembala, pendamping dan pihak berwenang dapat bekerja sama untuk memastikan ternak yang sehat, bahagia dan produktif. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...