Search

Inkanas Akan Gelar Gashuku Karate Tingkat Nasional

karate latihan 2

Jakarta, reportasenews.com—Perguruan Karate Inkanas akan menyelenggarakan Gashuku tingkat nasional pada akhir 28-30 April mendatang di Markas Yon Para Raiders 328 di Cilodong, Jawa Barat.

Menurut Kabid Binpres Inkanas DKI Jakarta Kusno Utomo, menjelang Gashuku setiap peserta wajib melakukan latihan bersama sebagai bekal persiapan.

“Menjadi karateka itu tidak boleh malu, tidak boleh takut dan tidak boleh malas. Mentalitas itu yang akan membentuk jiwa seorang ksatria, dengan berlatih bersama dan mengenal saudara perguruannya,” kata Kusno (DAN V) Kabid Binpres Inkanas DKI Jakarta.

karate latihan 4 kusno

Gashuku yang dalam bahasa Jepang berarti belajar dan menginap. Melalui gashuku ini, peserta diharapkan dapat mengembangkan sifat kejujuran (Gi), keberanian (Yuu) dan sopan santun (Rei), sehingga kemudian akan lahir para karateka yang positif (Seishin) dan memiliki semangat tinggi (Seiki).

Dalam dunia karate, Gashuku dimaknai sebagai latihan bersama untuk memperbaiki dan menyamakan gerakan serta menyeragamkan tehnik yang sudah diajarkan bagi seluruh karateka. Gashuku merupakan acara rutin Inkanas yang bertujuan untuk melatih fisik, dan mental para karateka. Dalam Gashuku, para karateka dituntut untuk mandiri dan percaya diri.

Sejak minggu lalu, tiap Rabu dan Minggu para calon peserta Gashuku berlatih di Dojo Khusus Gedung PLN, Jakarta Selatan.

“Sebelum mengikuti gashuku, karateka harus siap fisik dan mental,” tutur Achmad Sofyan (DAN IV), Ketua Pelaksana Gashuku dan Ujian DAN Nasional Inkanas.

Inkanas menyiapkan para pelatih untuk menggembleng fisik dan mental para karateka, mereka antara lain, Aiptu Endang Sukmana, Agung Bayu, Suyatman, Joko Supriyanto, Frederik, Sariatman, Miswanto, Prabudi Rahardho dan Firlana. (tata)




Loading Facebook Comments ...