Search

Inovasi Kapolres Mabar Dukung Labuan Bajo sebagai Kawasan Pariwisata Super Premium

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo menggelar rapat koordinasi bersama Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat Agustinus Rinus dan Ketua BOPLBF Shana Fatina terkait program smart tourism dan Electronic Securing Integrated System (ESIS). (Ist)

Labuan Bajo, reportasenews.com – Polres Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT), bersama instansi terkait akan menerapkan konsep smart tourism dengan pelayanan Electronic Securing Integrated System (ESIS). Implementasi konsep ini akan melibatkan pemerintah dan sektor swasta untuk mengelola kawasan pariwisata super premium Labuan Bajo  berbasis teknologi informasi (IT) yang modern.

“Sesuai arahan Bapak Presiden, Labuan Bajo ditetapkan sebagai daerah wisata super premium dengan membuat konsep smart tourism dan ESIS yang terintegrasi antara pemerintah dan pihak swasta. Sehingga, dengan adanya program smart tourism ini, Labuan Bajo diharapkan akan sejajar dengan kota-kota wisata di Eropa yang rata-rata telah menerapkan sistem ini,” papar Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, Kamis (27/8/2020).

Bambang menjelaskan, Kabupaten Manggarai Barat menjadi pilot project penerapan konsep pelayanan publik yang menggunakan metode smart tourism dan ESIS. Setelah itu, kedepan baru diterapkan secara nasional.

“Jika sistem ini sudah berjalan, maka Labuan Bajo akan menjadi destinasi wisata pertama di Indonesia yang menggunakan sistem ini,” katanya.

Untuk itu, gagasan yang diusung AKBP Bambang ini diharapkan mendapat dukungan dari berbagai pihak untuk menyukseskan program pemerintah pusat mewujudkan pusat pariwisata super premium, salah satunya meningkatkan keamanan objek wisata di Kabupaten Manggarai Barat.

Sebelumnya, AKBP Bambang menggelar rapat koordinasi bersama Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat Agustinus Rinus dan Ketua BOPLBF Shana Fatina terkait program tersebut.

Dalam koordinasi tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Ketua BOPLBF beserta jajarannya meminta dukungan keamanan terkait program pembangunan pusat pariwisata super premium di Kabupaten Manggarai Barat.

Bambang menegaskan pihaknya akan mendukung secara maksimal program pemerintah mewujudkan kawasan pusat pariwisata super premium di Kabupaten Manggarai Barat. 

“Kabupaten Mabar akan dijadikan kawasan pusat pariwisata super Premium. Tentunya kehadiran polisi sebagai penanggung jawab keamanan dan ketertiban masyarakat harus dapat mendukung pemerintah pusat maupun daerah dalam menjaga keamanan destinasi wisata super premium,” kata Bambang.

Selain mengamankan masyarakat Kabupaten Manggarai Barat, kata Bambang, Polri juga bertugas menjaga keamanan para wisatawan saat berkunjung ke destinasi wisata. 

“Salah satu kuncinya adalah kehadiran polisi di sekitar lokasi. Di samping itu, keamanan dan kelancaran jalannya proses pembangunan dari para investor yang telah berinvestasi di Kabupaten Manggarai Barat juga menjadi prioritas kami,” ujar Bambang.

Menurut dia, salah satu indikator pertumbuhan ekonomi suatu daerah adalah Kamtibmas yang kondusif, baik dari segi sektor ekonomi maupun dari segi pelayanan keamanan bagi wisatawan lokal dan luar negeri yang berkunjung ke Kabupaten Manggarai Barat.

 “Saya berserta jajaran akan mendukung penuh setiap perkembangan program pembangunan pemerintah pusat dan pemerintah daerah di wilayah hukum Polres Manggarai Barat,” tegasnya.

Untuk itu, Bambang meminta dukungan semua pihak, khususnya para pemangku kepentingan seperti Forkompimda, TNI, BOPLBF, TNK Komodo, Dinas Pariwisata, Dinas Kelautan, Dinas Kehutanan, para pengusaha pariwisata dan sektor pendukungnya, tokoh agama, tokoh masyarakat, tua golo, Apindo, Kadin, dan lain–lain agar bersinergi dan saling mendukung dalam memajukan Manggarai Barat.

“Khususnya dalam mewujudkan program pariwisata super premium di Kabupaten Manggarai Barat,” pungkasnya. (Tjg)




Loading Facebook Comments ...