Search

Insiden Terbakar, Powerbank Tidak Boleh Lagi Dibawa ke Kabin Pesawat

Powerbank Salah Satu Penumpang Terbakar, Pesawat China Southern Airlines Ini Turunkan Penumpang
Powerbank Salah Satu Penumpang Terbakar, Pesawat China Southern Airlines Ini Turunkan Penumpang

Jakarta, reportasenews.com- Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, memberikan penjelasannya terkait aturan membawa powerbank (pengisi baterai portabel) dalam segi keamanan penerbangan.

Branch Communication Manager Bandara Soekarno-Hatta, Erwin Revianto, mengatakan, regulasi tersebut dikeluarkan oleh Asosiasi Maskapai Penerbangan Sipil Internasional (IATA).

“Itu sebenarnya imbauan dari IATA sudah lama. Tapi kami mulai ingatkan lagi sekarang-sekarang ini,” kata Erwin.

Asosiasi maskapai internasional tersebut menyatakan bahwa pengisi baterai portabel yang mempunyai kapasitas di bawah 100Wh dapat dibawa dalam bagasi kabin.

Sedangkan powerbank berkapasitas 100Wh-160Wh harus melalui persetujuan maskapai yang bersangkutan.

Dan powerbank dengan kapasitas lebih dari 160Wh sama sekali dilarang dalam penerbangan. Kapasitas 100Wh jika dikonversi dalam mAh adalah sebesar 27.000mAh.

Jadi Pengisi baterai portabel yang bisa dibawa bebas ke dalam kabin adalah yang berkapasitas di bawah 27.000mAh dengan voltase 3.85V.

“Ini kami ingatkan lagi melalui akun media sosial Instagram untuk mengimbau penumpang terkait kejadian beberapa waktu lalu di China,” kata Erwin.

Seperti diberitakan sebelumnya, penumpang maskapai penerbangan China Southern Airlines dari Guangzhou ke Shanghai pada Minggu (25/2/2018) lalu harus turun dari pesawat, ketika powerbank terbakar di bagasi kabin. (tat)




Loading Facebook Comments ...