Search

Islandia: Pembangkit Listrik ‘zero emisi negatif’ Pertama di Dunia

Climeworks geothermal-power plant mampu merubah CO2
Climeworks geothermal-power plant mampu merubah CO2

Islandia, reportasenews.com – GO, Islandia! Negara tersebut menjalankan peralihan pembangkit listrik pertama di dunia yang menghilangkan lebih banyak CO2 daripada yang dihasilkannya.

Program percontohan, yang dioperasikan oleh Climeworks, dapat menghapus sekitar 50 metrik ton CO2 dari udara setiap tahunnya. Gas tidak terbuang percuma; Sebaliknya, mereka disulap menjadi batu gamping di mana mereka akan bertahan setidaknya satu juta tahun.

Proses ini bekerja dengan menangkap CO2 dari udara sekitar dengan menggunakan filter yang dipatenkan oleh Climeworks.

Pembangkit listrik tenaga panas bumi kemudian memanaskan filter dengan menggunakan kadar rendah; Ini mengekstrak karbon dioksida murni. Gas-gas tersebut kemudian diikat ke air dan dikirim sejauh 700 meter ke tanah.

Ketika CO2 bereaksi dengan batuan basalitik, ia membentuk mineral padat permanen. Dengan mengubur gas rumah kaca yang berbahaya di batu, gas tanpa bau dicegah terelpas keudara, setidaknya buat satu juta tahun.

Proyek ini masih dalam tahap percontohan, namun para ilmuwan dengan Climeworks optimis bahwa pabrik emisi negatif serupa dapat diluncurkan di seluruh dunia.

Ada beberapa tantangan terhadap visi ini. Prosesnya memang tidak murah, misalnya. Climeworks memperkirakan bahwa harganya $ 600 untuk mengekstrak hanya satu ton CO2 dari udara.

Pada akhir 2017, kapasitas penuh pabrik diperkirakan 900 ton per tahun – tapi itu setara dengan emisi tahunan 45 orang Amerika. Meskipun demikian, perusahaan tetap berharap bahwa ini adalah awal.

Kata Christoph Gebald, pendiri dan CEO Climeworks, “Potensi peningkatan teknologi kami dikombinasikan dengan penyimpanan CO2, sangat besar.”

Pada tahun 2025, perusahaan tersebut berusaha memangkas biaya menjadi $ 100 per ton dan menangkap 1 persen emisi karbon buatan manusia setiap tahunnya. Tidak ada rincian tentang bagaimana hal ini akan tercapai, namun dengan investor seperti Bill Gates dan European Space Agency melemparkan donasi uang ke dalam penelitian untuk “menjaring udara langsung,” ini bisa dilakukan. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...