Search

Israel Teken Kesepakatan Ekspor Gas Alam $ 15 miliar Ke Mesir

gas alam cair

Mesir, reportasenews.com – Israel akan mengekspor gas alam senilai 15 juta dolar ke Mesir selama periode 10 tahun. Ini adalah salah satu ekplorasi besar Israel yang dijual kepada Mesir.

Netanyahu mengatakan bahwa kesepakatan tersebut akan “memperkuat keamanan (Israel), ekonomi kita, dan juga memperkuat hubungan regional kita”.

Perusahaan Israel Delek Drilling telah mengumumkan akan memasok Mesir dengan gas alam bernilai 15 miliar dolar dalam kesepakatan ekspor terbesar sampai saat ini untuk industri gas alam Israel.

Perusahaan asal Mesir Dolphinus akan membeli 64 miliar meter kubik gas alam dari Pengeboran Delek dan rekannya dari AS Noble selama periode 10 tahun, sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Senin.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyambut baik kesepakatan “bersejarah” tersebut.

“Ini akan membawa miliaran dolar ke dalam pundi-pundi negara,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Yossi Abu, CEO Delek Drilling, mengatakan bahwa kesepakatan tersebut akan “menetapkan status Mesir sebagai pusat energi regional”.

Perusahaan-perusahaan tersebut belum menentukan rute yang mana gas alam dari ladang Mediterania Tamar dan Leviathan Israel akan mengalir ke Mesir. Pernyataan Delek mengatakan “berbagai kemungkinan” ada, termasuk penggunaan pipa EMG.

Berjalan dari al-Arish di Sinai Utara, Mesir ke Ashkelon, Israel, pipa EMG sebelumnya mengangkut gas alam dari Mesir, yang memiliki cadangan sendiri, ke Israel dalam kontrak 20 tahun yang ditandatangani pada tahun 2005.

Kesepakatan itu ambruk pada 2012, bagaimanapun, setelah pipa itu berulang kali diserang. Kesepakatan era Hosni Mubarak tidak populer dengan kritikus yang berpendapat bahwa negara Yahudi tidak membayar cukup untuk gas tersebut.

Israel menemukan ladang gas Tamar dan Leviathan pada tahun 2009 dan 2010, dan sejak saat itu berusaha untuk menjadi eksportir itu sendiri. Pada bulan September 2016, perusahaan Israel dan Yordania menandatangani kesepakatan gas senilai $ 10 miliar selama 15 tahun.

Mesir adalah negara Arab pertama yang menandatangani perjanjian damai dengan Israel pada tahun 1979. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...