Senin, 16 Januari 2017

Istana Ajukan Nama BG Ke DPR Jadi Kepala BIN

Istana Ajukan Nama BG Ke DPR Jadi Kepala BIN
Foto BG / Istimewa

JAKARTA – RN.COM, Istana melalui Menteri Sekretariat Negara, Pratikno, Jumat (2/9) siang tadi telah menyerahkan nama Komjen Pol Budi Gunawan, sebagai calon tunggal Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), menggantikan Kepala BIN Sutiyoso yang akan menasuki masa pensiun.

Nama calon tunggal Kepala BIN tersebut, langsung diserahkan oleh Mensetneg Pratikno kepada Ketua DPR RI Ade Komarudin, di Gedung DPR- MPR, Jakarta.

Menurut Pratikno, nama Budi Gunawan sebagai calon Kepala BIN, merupakan usulan Presiden Joko Widodo.

Dalam waktu dekat DPR akan melakukan tes uji kepatutan terhadap Komjen Pol Budi Gunawan

“Tadi pagi saya mengantarkan surat dari pak presiden kepada Ketua DPR yaitu usulan presiden penggantian Kepala BIN Pak Budi Gunawan. Sekarang prosesnya di DPR karena kami harus mendapat pertimbangan, tidak ada pertimbangan kepentingan,” ujar Mensetneg Pratikno kepada wartawan.

Sementara Ketua DPR RI, Ade Komarudin mengatakan, akan meminta Komisi 1 untuk mengagendakan rapat paripurna untuk membahas pelaksanaan tes uji kelayakan terhadap calon Kepala BIN usulan presiden tetsebut.

Menanggapi nama Budi Gunawan sebagai calon tunggal yang akan menggantikan Sutiyoso, Ade Komarudin menilai bahwa Budi Gunawan merupakan calon yang sudah cukup dekat dan dikenal baik oleh kalangan DPR.

“Pada rapat itu keputusan paripurna, kita tidak ingin sesuatu ditunda-tunda. Surat  dari pak presiden kita tindak lanjutin segera. Setahu saya kalau teman-teman DPR banyak kesan yang baik dan semua fraksi hubungan baik dengan pak BG,” ujar Pratikno.

Ketika ditanya apa alasan pergantian orang nomor satu di BIN tersebut, Pratikno mengaku tidak tau.(Gro)

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel Reportase News. Untuk mendapatkan informasi terupdate, silakan berlangganan newsletter kami melalui kolom email di bawah ini.

No Responses

Loading Facebook Comments ...