Search

‘Jalan Mekkah’ Percepat Proses Jemaah Haji Malaysia dan Indonesia

download

Arab Saudi, reportasenews.com – Para pejabat Saudi, Malaysia dan Indonesia, akan meluncurkan program “Mecca Road” bagi penerbangan jemaah haji pertama dari bandara internasional Kuala Lumpur dan Soekarno-Hatta.

Arab Saudi telah mulai menerapkan layanan ‘Jalan Mekah’ untuk memudahkan prosedur masuk para jemaah haji ke Arab Saudi dari negara asal mereka melalui jalur elektronik terpadu di bandara-bandara yang tercakup.

“Mecca Road” adalah salah satu inisiatif yang dilaksanakan dengan koordinasi dengan negara-negara yang telah meminta untuk berpartisipasi dan mengambil manfaat darinya. Inisiatif ini adalah bagian dari Program Transisi Nasional (2020) untuk mencapai Visi Kerajaan Saudi 2030.

Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan layanan bagi para jemaah Haji yang akan dimulai selama musim haji tahun lalu. Tahun ini akan mencakup semua jemaah haji Malaysia dan jemaah Indonesia.

Inisiatif ini termasuk menyelesaikan paspor dan prosedur kepabeanan, memeriksa persyaratan kesehatan, pengkodean koper dan pemilahan, sesuai dengan pengaturan transportasi dan perumahan di Arab Saudi.

Ini akan memungkinkan para jemaah yang dipercepat untuk melewati prosedur ini ketika mereka tiba di Arab Saudi. Cara ini juga memungkinkan mereka untuk pergi langsung ke bus yang akan menunggu untuk membawa mereka ke tempat tinggal mereka di Mekah dan Madinah.

Entitas layanan akan menerima koper dari para jemaah haji, dan mentransfernya ke tempat hotel mereka.

Sebuah tim Saudi, dipimpin oleh kementerian dalam negeri, mengawasi dan menindaklanjuti pelaksanaan prosedur masuk para jemaah ke Arab Saudi di bandara tertutup, dan membantu mereka melalui pemeriksaan yang mungkin mereka hadapi, ketika berada di dalam Arab Saudi atau di luar. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...