Search

Jalan Menuju Kaldera Gunung Bromo Tertimbun Longsor

Tebing di sekitar Gunung Bromo yang longsor menutupi jalur Kaldera.(foto: Istimewa)
Tebing di sekitar Gunung Bromo yang longsor menutupi jalur Kaldera.(foto: Istimewa)

Probolinggo, reportasenews.com – Akibat curah hujan cukup deras beberapa jam pada Jumat (17/3/2018) malam. Jalan kenuju lautan pasir Gunung Bromo, di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, longsor pada Minggu (18/3) dinihari.

Akibatnya, seluruh kendaraan baik roda dua maupun roda empat tak bisa melewati di jalur tersebut. Longsor terjadi setelah dilakukan penutupan secara total di Bromo, karena Hari Raya Nyepi warga Suku Tengger Bromo 2018.

“Hingga kini warga membersihkan jalan kenuju kaldera Bromo dengan bergotong royong. Dan mungkin memerlukan waktu yang cukup lama untuk pembersihan ini,”ujar Digdoyo, salah satu tokoh masyarakat Suku Tengger Bromo.

Selain dilakukan secara bergotong royong untuk pembersihan, pemerintah Kabupaten Kabupaten Probolinggo, juga menerjunkan alat berat untuk membersihkan materil longsor tersebut.

“Setelah dibersohkan secara manual, sementara ini kendaraan roda dua sudah bosa melewati jalan tersebut, meski harus belum normal seperti biasanya,”tukas Digdoyo.(dic)




Loading Facebook Comments ...