Search

Jalan Rusak Akibat Dumptruk Tambang, Puluhan Warga Desa Peleyan Datangi Kantor Camat

Puluhan warga Dusun Mumbulsari, Desa Peleyan, Kecamatan Panarukan, Situbondo, mendatangi Kantor Camat. (foto:fat)
Puluhan warga Dusun Mumbulsari, Desa Peleyan, Kecamatan Panarukan, Situbondo, mendatangi Kantor Camat. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Puluhan warga Dusun Mumbulsari, Desa Peleyan, Kecamatan Panarukan, Situbondo, mendatangi Kantor Camat setempat, lantaran jalan sepanjang  dua kilometer lebih rusak,  akibat lalu lalang  dumptruk  yang mengangkut hasil tambang, Selasa (12/2/2019).

Bahkan, akibat lalu lalang ratusan dumptruk yang mengangkut hasil tambang ke PT Bina Mustika Windu (BMW), jalan desa yang menghubungkan antara Desa Peleyan dengan Desa Alasmalang, Kecamatan Panarukan, Situbondo  rusak parah.

Salah seorang perwakilan warga Dusun Mumbulsari, Desa Peleyan bernama Pak Erno (63)  mengatakan, puluhan warga sengaja  mendatangi Kantor Kecamatan  Panarukan,  dengan tujuan untuk minta pertanggungan jawaban pihak PT BMW dan  PT Siti Wangi selaku penambang.

“Karena akibat lalu lalang ratusan  dumptruk pengangkut  tanah urukan milik PT Siti Wangi yang dikirim ke PT BMW, jalan desa sepanjang dua kilometer lebih rusak, sehingga anak-anak Dusun Mumbulsari yang bersekolah, tidak bisa lewat di jalan tersebut. Jadi kedatangan   kami ke kantor Kecamatan itu, bukan  untuk demo, melainkan untuk  minta pertanggung jawaban PT BMW dan PT Siti Wangi,”ujar Pak Erno, Selasa (12/2/2019).

Menanggapi permintaan  puluhan warga Dusun Mumbulsari, Desa Peleyan, salah seorang perwakilanpenambang dari PT Siti Wangi mengatakan, pihaknya akan bertanggung jawab dengan kerusakan jalan tersebut.

”Sebelumnya saya minta maaf, namun sebagai bentuk tanggung jawab PT Siti Wangi, kami siap untuk memperbaiki jalan dusun mumbulsari  yang rusak tersebut,”kata Heli, salah seorang perwakilan PT Siti Wangi.

Sementara itu, Marjulis Camat Panarukan, Situbondo mengatakan, pihaknya sengaja memfasilitasi pertemuan antara puluhan warga Dusun Mumbulsari   dengan PT Siti Wangi selaku pihak penambang dan PT BMW. Dengan tujuan, warga tidak anarkhis.

”Sebab, sebelumnya ada informasi warga akan membokir jalan, sehingga untuk   mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga  kami mempertemukan warga dengan PT Siti Wangi  dan PT BMW, dan alhamdulillah dalam pertemuan tersebut membuahkan hasil,  PT Siti Wangi dan PT BMW menyetujui usulan warga,”kata Marjulis.

Selain dihadiri perwakilan PT Siti Wangi, dan PT BMW, namun dalam pertemuan di Kantor Camat Panarukan, juga dihadiri   anggota Forkopimka Panarukan,  Sudiyono selaku  Kepala Desa (Kades) Peleyan, Kecamatan Panarukan, Situbondo.(fat)




Loading Facebook Comments ...