Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Catatan Isson · 23 Jan 2017 12:43 WIB ·

Jalur Pendakian Gunung Arjuno Welirang Sementara Ditutup


					Pos pintu masuk menuju Gunung Arjuno Welirang (foto : abd)
Perbesar

Pos pintu masuk menuju Gunung Arjuno Welirang (foto : abd)

Pasuruan, reportasenews.com – Kondisi cuaca dengan turunnya hujan yang berintensitas tinggi yang terjadi sejak awal hingga pertengahan bulan Januari ini, membuat jalur pendakian menuju kawasan Gunung Arjuno Welirang, Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, ditutup.

 

Bagi para pendaki dan wisatawan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Pelarangan tersebut dilakukan demi keamanan pendaki.

 

Salah seorang penjaga pos pendakian Gunung Arjuno Welirang, Junaiidi menuturkan, penutupan tersebut dilakukan menyusul kondisi cuaca yang tidak menentu selain peristiwa tewasnya pendaki Arjuna akibat sambaran petir beberapa waktu lalu.

 

“Kita masih belum berani untuk membuka kembali jalur pendakian menuju kawasan gunung Arjuno Welirang, mengingat cuaca yang masih belum bersahabat, ”ujar Junaedi, Senin (23/1).

 

Menurutnya, pelarangan tersebut dilakukan lantaran alasan pertimbangan keamanan dan keselamatan bagi para pendaki sendiri. Sebab kondisi cuaca yang ekstrem di atas bisa berpengaruh pada kondisi jalur pendakian dan akibat turunnya hujan disertai petir, menjadi kewaspadaan utama.

 

“Kami tidak ingin kejadian serupa yang menimpa mahasiswa surabaya terulang lagi. Sebab terlalu berisiko jika pendakian tersebut tetap dibuka, “jelasnya.

 

Penutupan jalur pendakian Arjuno Welirang sendiri, bukan hanya di Tretes, melainkan di empat pos pendakian yang ada di Pasuruan dan Kabupaten Malang. Junaidi memperkirakan, jalur pendakian nantinya akan dibuka kembali pada bulan Maret mendatang.

 

Namun, pembukaan itu juga nantinya masih melihat kondisi cuaca saat itu. “Pada bulan maret kemungkinan dibuka, tapi itupun lihat kondisi cuaca dan rekomendasi dari BMG, “tutupnya. (abd)

 

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 35 kali

Baca Lainnya

Ditengah Bergulirnya Sidang Sengketa Pilpres, Cak Imin Silaturrahim Kiai Kholil

19 April 2024 - 05:23 WIB

Pasca Libur Lebaran, Ratusan Pemudik Mulai Berdatangan Melalui Terminal Bus Alam Barajo Jambi

18 April 2024 - 17:27 WIB

Bandar Ekstasi Dibekuk Satuan Narkoba Polres Binjai 

18 April 2024 - 16:20 WIB

Pasca Lebaran, BBM di Kabupaten Kapuas Hulu Sempat Alami Kelangkaan

18 April 2024 - 16:14 WIB

Berkasnya Dinyatakan P21, Dua Tersangka TPPO Dijebloskan ke Rutan Situbondo

18 April 2024 - 16:06 WIB

Anggota DPR RI Asal Jambi Ihsan Yunus, Diperiksa KPK Terkait Kasus Dugaan Korupsi  di Kemenkes

18 April 2024 - 15:34 WIB

Trending di Nasional