Search

Jangan Dibully Ya, Ridwan Kamil Maunya Patung Maung Jadinya “Anjing Laut”

Tugu Maung Bandung Kota Tua Cagar Budaya,  di Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung. (foto: PR)
Tugu Maung Bandung Kota Tua Cagar Budaya, di Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung. (foto: PR)

Bandung, reportasenews.com-Pemerintah Kota Bandung berencana membuat patung maung, sebagai ikon Kota Bandung namun setelah dibuat malah mirip anjing laut

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil geleng-geleng kepala setelah melihat keinginannya dibuatnya patung maung yang kurang maksimal sehingga tidak terlihat seperti maung.

“Maung Bandung sebenarnya, cuma teu biasaeun. Jadi, saya tidak happy,” ujar Ridwan Kamil, setelah melihat Monuman Cagar Budaya,  di Bandung.

Ridwan Kamil menyatakan, dia tidak sempat memonitor pembangunan monumen tersebut. Awalnya, dia berharap dibuatkan patung serupa maung seperti yang terpasang di beberapa lampu penerangan jalan di Kota Bandung. Namun, patung di monumen tersebut, menurutnya, malah mirip anjing laut.

Penanggung jawab untuk pembuatan monumen tersebut adalah Dinas Tata Ruang Kota Bandung.

“Maksud saya, semangat Maung Bandung ini kan sudah hadir di lampu-lampu jalan, tapi kok malah seperti anjing laut gitu, tapi nanti diperbaiki,” katanya seperti dilaporkan Prfmnews.

Minta Jangan di bully

Apa yang terjadi di Kota Bandung saat ini mengingatkan kita terhadap fenomena patung maung Cisewu pada pertengahan 2017 lalu yang sempat dijuluki “Macan Humanis”

Patung maung di Markas Rayon Militer 1123/Cisewu, Kabupaten Garut itu kehilangan kesan garangnya karena desain wajah yang lebih mirip tersenyum daripada menyeringai buas. Proporsi anatomi tubuhnya pun tidak mencerminkan kesan perkasa.

Macan Humanis Cisewu

Ridwan Kamil meminta masyarakat tidak melakukan bullying terhadap monumen maung yang mirip anjing laut di sejumlah wilayah Kota Bandung tersebut. Pasalnya, patung itu akan diperbaiki sesuai tujuan awal, yaitu patung maung.

“Tadinya ada semangat Maung Bandungnya, Kunaon ayeuna jadi kieu. Jangan di-bully ya, nanti diperbaiki,” katanya. (tat/pr)




Loading Facebook Comments ...