Search

Jaringan Internet Lemot, UNBK SMP Situbondo Tertunda 1 Jam

Siswa SMP di Situbondo tengah mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNKB). (foto:fat)
Siswa SMP di Situbondo tengah mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNKB). (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Pelaksanaan UNBK tingkat SMP dan sederajat di Kabupaten Situbondo Tahun 2018, sempat tertunda sekitar satu jam. Itu terjadi lantaran adanya gangguan jaringan internet, sehingga pihak operator di masing-masing sekolah kesulitan untuk mengakses soal UNBK tersebut, Senin (23/4).

Ironisnya,  gangguan jaringan internet itu terjadi, pada saat Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, Wabup Yoyok Mulyadi,  Fathor Rakhman  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemkab Situbondo dan Atok Illah kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Situbondo, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah sekolah penyelenggaran UNBK tingkat SMP/MTs di Kabupaten Situbondo Tahun 2018.

Usai melakukan Sidak Bupati Dadang Wigiarto mengatakan, karena sejumlah sekolah ada gangguan jaringan internet pada hari pertama pelaksanaan UNBK SMP/MTs di Kabupaten Situbondo,  yang mengakibatkan pelaksanaan UNBK tertunda hingga mencapai satu jam.

”Oleh karena itu, saya berharap kejadian ini diharapkan bahan evaluasi,  agar ke depan pelaksanaan UNBK berjalan lancar dan tidak mengganggu konsentrasi para peserta UNBK,  maka ke depan harus disediakan aplikasi pendukung lainnya,”kata Bupati Dadang Wigiarto, Senin (23/4).

Bupati Dadang menegaskan, jika   pada prinsipnya pelaksanaan UNBK  atau  ujian  nasional berbasis digital itu efisien  waktu, cepat, sederhana termasuk didalamnya ada aspek kejujuran. Oleh karena itu, ke depan ,  pihaknya  meminta kepada Kepala Disdikbud Situbondo untuk menyediakan server besar, agar pelaksanaan UNBK ke depan lebih baik.

”Sebab, pelaksanaan UNBK itu hampir dipastikan tidak ada kebocoran soal, seperti yang terjadi dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kerta dan Pensil  (UNKP), yang rawan dengan terjadi kebocoran soal. Oleh karena itu, untuk pelaksanaan UNBK Tahun 2019 mendatang, semua sekolah wajib pelaksanaan UNBK,”pungkasnya.

Sekadar diketahui, pada pelaksanaan UNBK tingkat SMP dan sederajat di Kabupaten Situbondo Tahun 2018, jumlah pesertanya mencapai 10.563 peserta, namun dari total SMP penyelenggara, sebanyak delapan SMP melaksanakan UNKP, sedangkan seluruh MTs di Kabupaten Situbondo, melaksanakan UNBK.(fat)




Loading Facebook Comments ...