Search

Jelajah Merbabu

Puncak Merbabu
Puncak Merbabu

BOYOLALI, REPORTASE – Laksana sepenggal tanah surga, keindahan Indonesia seakan tak ada habisnya. Gunung gunung megah menjulang langit.

Pagi  yang cerah di Desa Selo,Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah para pendaki dari komunitas Jelajah Next Trip hendak menuju puncak gunung Merbabu.

Ada lima jalur resmi untuk menuju puncak Merbabu. Kali ini pendakian akan dimulai dari jalur Desa Selo, Kabupaten Boyolali. Secara administrative Mermabu terletak di 3 Kabupaten, yakni  Boyolali, Magelang, Semarang dan satu Kotamadya, Kota Salatiga.

Udara dingin di desa Sela dengan ketinggian 1836 diatas permukaan laut (MDPL) ini, cukup membuat perut keroncongan. Selain mengisi perut para pendaki diwajibkan melakukan pemanasan sebelum trekking  dimulai.
[vc_row][vc_column][vc_video link=”https://www.youtube.com/watch?v=1kgNbQfmI7U”][/vc_column][/vc_row]

Memasuki gerbang pendakian, para pendaki akan langsung disuguhi pemandangan hutan pinus dengan udara segar.  Dari gerbang pendakian menuju pos 1,  jalur yang dilalui masih cukup landai perlahan kaki melangkah melalui jalur tanah menanjak.

Pemandangan merapi dari Merbabu

Pemandangan merapi dari Merbabu

Selepas pos 1, medannya mulai sedikit terbuka  dan  ada kejutan yang  sangat menakjubkan. Saat cuaca cerah, Gunung Merapi menampakan diri telanjang sampai kakinya.

Setelah enam jam perjalanan akhirnya sampailah di pos Batu Tulis. Disini para pendaki akan berkemah menanti dini hari untuk melanjutkan ke puncak.

Istirahat sudah cukup, kini saatnya melakukan summit attack atau perjalanan menuju puncak merbabu.

Suhu dingin langsung menyambut langkah para pendaki. Sekitar satu jam perjalanan matahari hampir terbit,  jadi para pendaki harus bergegas melanjutkan perjalanan. Daaan  tiga jam kemudian,  perjalanan akhirnya  sampai di puncak.

Sunset menjelang puncak Merbabu

Sunset menjelang puncak Merbabu

Waaw…sungguh menakjubkan pemandangan di puncak gunung Merbabu. Ada dua puncak tertinggi yaitu puncak Syarief dan puncak Kenteng  songo yang artinya Sembilan batu berlubang. Dari ketinggian 3142 meter di atas permukaan laut ini, para pendaki dapat melihat banyak gunung,  yang paling dekat adalah gunung merapi kemudian sindoro dan sumbing, gunung lawu, dan gunung Ungaran.

Secangkir minuman hangat cocok sambil menikmati puncak Merbabu dengan segala keindahannya. Mahasuci allah yang telah menciptakan semua Keindahan. (Ndit)




Loading Facebook Comments ...