Search

Jelang Arus Mudik, Perbaikan Jalan Penghubung Jawa dan Bali Dikebut

Perbaikan jalur pantura Probolinggo Jawa Timur mulai di lakukan jelang arus mudik lebaran 2017. (foto: dic)
Perbaikan jalur pantura Probolinggo Jawa Timur mulai di lakukan jelang arus mudik lebaran 2017. (foto: dic)

Probolinggo,reportasenews.com – Untuk kesiapan arus mudik lebaran, jalur pantura Pajarakan, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, yang rusak parah dengan kondisi berlubang dan bergelombang, mulai dilakukan perbaikan.

Jalan Provinsi yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali ini, dilakukan perbaikan sepanjang 3 kilometer, pada jalan yang kondisinya rusah parah. Ditargetkan, perbaikan jalan pantura tersebut rampung sebelum arus mudik lebaran mendatang.

Saat ini, dengan adanya perbaikan yang harus dikebut petugas memberlakukan arus lalulintas dengan sistem buka tutup. dari kedua arah.

Perbaikan dilakukan dengan menggunakan alat berat eskavator, untuk menggerus aspal lama, kemudian diganti tanah dan dipadatkan sebelum pengaspalan, agar jalan tidak lagi bergelombang.

“Perbaikan jalan ini dumulai pekan ini, kita upaya pengerjaan secepat mungkin. Ada jarak 3 kilometer yakni dari sii barat Desa Kalseman hingga ke timur Desa Pajarakan,”terang Edi Pambudi, selaku pengawas pekerjaan jalan dari PU Binamarga Jatim, saat ditemui di lokasi perbaikan, Senin (8/5).

Perbaikan jalan raya pantura Probolinggo, kata Budi, telah dialokasikan anggaran berkisar Rp 18 miliar. Nantinya, perbaikan di areal efektif sepanjang sekitar 3 kilometer. Baik sisi utara maupun selatan jalan.

“Kali ini yang didahulukan di sisi utara dulu, karena yang rusaknya parah itu di sisi utara, dari arah barat ke timur. Pada arus mudik nanti, diupayakan jalan ini sudah bisa dilewati pengendara dengan normal, meski target perbaikannya harus rampung pada akhir tahun 2017 nanti,”jelasnya.

Budi menambahkan, nanti H-10 sampai H+10 hari raya lebaran, pengerjakan perbaikan dihentikan lebih dulu, sambil menunggu pemadatan. Setelah itu pengerjaan akan kembali dilakukan.(dic)

 




Loading Facebook Comments ...