Search

 Jelang Hari Jadi Kabupaten Sitbundo ke-201, Bupati dan Wabup  Ziarah ke Makam Pahlawan

Bupati Dadang Wigiarto, anggota Forkopimda Situbondo, saat melakukan tahlil dan doa bersam di makam pahlawan nasional  KHR As’ad Syamsul Arifin. (foto:fat)
Bupati Dadang Wigiarto, anggota Forkopimda Situbondo, saat melakukan tahlil dan doa bersam di makam pahlawan nasional  KHR As’ad Syamsul Arifin. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Jelang peringatan Hari Jadi ke-201 Kabupaten Situbondo (Harjakasi) 2018, Bupati Dadang Wigiarto, Wabup Yoyok Mulyadi  bersama forkopimda menggelar ziarah ke makam pahlawan sebagai bentuk penghargaan kepada para leluhur yang berjasa terhadap dalam cikal-bakal berdirinya Kabupaten Situbondo, Rabu (14/8/2019).

Pada kesempatan itu Bupati Dadang Wigiarto, Wabup Yoyok Mulyadi, dan para pejabat dilingkungan Pemkab Situbondo, memberi santunan kepada para anak yatim piatu,  pada empat titik makam pahlawan di Kabupaten Situbondo.

Sebelum melakukan  ziarah ke makam KHR Syamsul Arifin, dan juga ke  makam pahlawan nasional KHR As’ad Syamsul Arifin di Ponpes Syalafiyah Syafi’iyah  Sukorejo, Bupati Dadang Wigiarto  bersama Forkopimda Situbondo, melakukan  upacara  di samping kiri Masjid Agung Ponpes Sukorejo.

Usai upacara Bupati Dadang Wigiarto bersama Forkopimda Situbondo  langsung melakukan doa bersama di makam  KHR Syamsul Arifin, pendiri Ponpes Sukorejo, dan makam Pahlawan Nasional KHR As’ad Syamsul Arifin.

Selanjutnya, Bupati Dadang dan rombongan menuju ke makam Ki Pateh Saleh di Dawuhan, Kecamatan Kota, Situbondo, yang dilanjutkan ke makam ki Pateh Alos, Besuki, dan bertolak ke makam Kanjeng Raden Tumenggung Prawiro Adiningrat, adipati pertama Situbondo dan makam para Bupati dari masa ke masa di Desa Bloro, Kecamatan Besuki, Situbondo.

Usai nyekar di makam para pahlawan Situbondo, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengatakan, kegiatan nyekar makam para pahlawan itu merupakan kegiatan rutin setiap tahun, dengan tujuan ingin memuliakan dan menghargai jasa  para pahlawan yang membangun Kabupaten Situbondo.

“Sebagai generasi penerus, kita mentradisikan ziarah makam untuk bisa menghargai para leluhur kita yang berjasa terhadap cikal-bakal berdirinya Situbondo. Ini juga bentuk syukur kita telah memiliki pahlawan-pahlawan seperti beliau,” jelas  Bupati Dadang.

Bupati Dadang menambahkan,  dalam membangun sebuah peradaban bangsa dan negara seperti Situbondo, tidak cukup dengan mengandalkan kecerdasan akal, namun juga harus melalui intervensi Tuhan.

Bupati berharap melalui ziarah makam mampu melengkapi semua ikhtiar yang dilakukan pemerintah daerah sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat  di Kabupaten Situbondo.

“Sesuai janji Allah, barang siapa yang bersyukur akan diberikan limpahan rahmat. Semoga dengan berziarah makam mampu melengkapi semua ikhtiar yang ada di kabupaten ini dan akan memberikan kemanfaatan yang seluas-luasnya terutama menambah kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Dadang .

Bupati Dadang menegaskan, jika  tradisi ziarah ke makam para pahlawan ini dilakukan sejak Tahun 2010 lalu, sejak dirinya baru pertama kali terpilih sebagai Bupati Situbondo. ”Dengan tujuan, untuk memuliakan para pahlawan yang membangun Kabupaten Situbondo,” pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...