Search

Jelang Lebaran, Jalur Pantura Dipantau

Kapolres Situbondo dan Forkopimda saat memantau Jalur Pantura. (foto: fat)
Kapolres Situbondo dan Forkopimda saat memantau Jalur Pantura. (foto: fat)

Situbondo, reportasenews.com – Menjelang arus mudik Lebaran , Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono bersama Forkopimda Situbondo, memantau kondisi di Jalur Pantura Situbondo, yang menghubungkan antara Jawa dan Bali.

Dalam memantau pantauan tersebut ditemukan sejumlah jalan yang rawan kecelakaan pohon-pohon besar di tepi jalan yang dinilai rawan tumbang bila diterjang hujan deras dan angin kencang.

“Dari hasil pengecekan jalur mudik ini, memang ada beberapa lokasi yang harus kita jadikan atensi, untuk antisipasi terjadinya kecelakaan dan bencana alam,” kata Kapolres Situbondo, AKBP Sigit Dany Setiyono, di sela pengecekan jalur mudik pantura Situbondo, Selasa (13/6).

Ssejumlah titik rawan tersebut diantaranya, di sepanjang Jalan Raya Desa Katakan Kecamatan Kendit, hingga Jalan Raya Desa Pasir Putih Kecamatan Bungatan. Di sepanjang jalan tersebut, Kapolres Sigit dan rombongannya sempat berhenti, saat melihat sejumlah potensi rawan bencana. Baik bencana longsor maupun pohon rawan tumbang.

“Tolong pohon yang mengarah ke jalan ini difoto. Kita harus segera koordinasikan dengan dinas terkait, agar pohon-pohon yang rawan tumbang ke jalan ini segera dirapikan. Karena bisa membahayakan pengguna jalan, terutama saat arus mudik Lebaran nanti,” tandas Sigit.

Tak jauh dari lokasi tersebut, kapolres juga menjumpai sebuah jalan menikung yang dinilai rawan terjadinya kecelakaan. Menurut Sigit, telah terjadi empat kasus kecelakaan di lokasi jalan menikung tersebut, hingga menyebabkan sejumlah korbannya tewas. Hasil anatomi di lokasi, papar Sigit, kecelakaan terjadi karena pengendara sering tidak tertib. Menjelang tikungan, seringkali kendaraan besar melaju dengan memakan marka jalan.

“Selain itu, di jalan tersebut juga kurang penerangan dan pengamanan. Makanya, menjelang arus mudik kita akan upayakan adanya penambahan rambu dan penerangan. Giat patroli juga akan ditingkatkan,” papar Kapolres Sigit.

Pengecekan jalur mudik lebaran ini juga melibatkan unsur dari Dinas Perhubungan dan BPBD Situbondo. Menurut Sigit, selama arus mudik Lebaran nanti pihaknya juga akan menyiapkan pos pelayanan (posyan) bagi pengguna jalan. Posyan akan didirikan di Kecamatan Banyuglugur ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur pelayanan. Mulai dari pijat gratis, cek kesehatan pengendara, cek kendaraan, hingga penginapan atau tempat peristirahatan. (fat)




Loading Facebook Comments ...