Search

Jelang Pencoblosan, Logistik Pilkada Paniai Serentak Didistribusikan Hari Ini

Para petugas PPD ketika mengambil kotak suara untuk dibawa ke distrik. ( foto : riy ) 
Para petugas PPD ketika mengambil kotak suara untuk dibawa ke distrik. ( foto : riy ) 
Jayapura, reportasenews.com – Pendistribusian logistrik Pemungutan Suara Susulan (PSS) Pilkada Kabupaten Paniai dilakukan serentak pada Selasa (24/7/2018). Distribusi ini molor dari waktu yang dijadwalkan, lantaran adanya demo dari massa empat pasangan calon yang dinyatakan gugur oleh KPU Papua.
Pantauan Media, pendistribusian dimulai sejak pukul 08.00 WIT dimulai dengan distrik yang terjauh yang menggunakan angkutan udara. Menurut Ketua KPU Papua, Theodorus Kosay, KPU Papua optimis semua logistik tiba tepat waktu di 23 Distrik yang ada di Kabupaten Paniai, sehingga jadwal pungut hitung 25 Juli dapat terlaksana sesuai jadwalnya.
“Ya hari ini serentak distribusinya, kita optimis semua berjalan lancar dan besok semua pemilih bisa datang ke TPS dan memberikan hak suaranya,” kata usai penyerahan simbolis logistik kepada salah satu ketua PPD.
Terkait dengan molornya waktu yang sebelumnya di jadwalkan pada 22 Juli lalu, Theo mengaku penundaannya karana situasi dan kondisi daerah. Tapi, itu tidak akan menunda jadwal pelaksanaan pungut hitung, apalagi semua pihak khususnya TNI/Polri menjamin proses distribusi logistik tiba di lokasi dengan lengkap dengan pengawalan super ketat termasuk, untuk pelaksanaan pungut hitung.
“Kita berharap semua berjalan baik, tanpa ada kendala,” kata Ketua KPU yang didampingi Anggota Komisioner, Tarwinto dan Diana Dortea Simbiak beserta Ketua Bawaslu Provinsi dan pihak perwira tinggi Polda Papua serta Kodam XVII Cenderawasih.
Sementara Itu Kabidhumas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal mngatakan bahwa pihaknya telah menstanbykan 5 pejabat utama guna pengawalan logistik yang telah didistribusikan ke seluruh distrik.
“ kami polisi mengawal hingga ke distrik dan besok akan dilaksanakan coblos kami akan kawal sehingga pelaksanaaan bisa selesai sesuai jadwal”. Tegasnya saay ditemui di mapolda papua.
Logistik didistribusikan ke 23 Distrik, 6 diantaranya melalui udara, 4 distrik lewat darat dan sisanya menggunakan jalur air/ danau. Selanjutnya logistrik akan di dropping ke 266 TPS.
Pilkada Kabupaten Paniai diikuti oleh dua pasangan calon. Calon Nomor Urut 1 Hengky Kayame – Yekiel Tenouye dan Paslon Nomor Urut 3, Meki Nawipa – Octovianus Gobai. Sesuai pleno KPU, jumlah DPT Paniai berjumlah  100.843 pemilih terdiri dari 53.467 laki-laki dan 47.376 perempuan. ( riy )



Loading Facebook Comments ...