Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 5 Apr 2019 21:39 WIB ·

Jelang Porprov ke-VI  Tahun 2019, KONI Situbondo Tekankan Mental Atlet


					Para atlet anggar, saat mengikuti tes paramater tehnik dasar, dan tes psikologi. (foto:fat)

Perbesar

Para atlet anggar, saat mengikuti tes paramater tehnik dasar, dan tes psikologi. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Menjelang pelaksanaan  Pekan olaharaga provinsi (Porprov) Jatim ke-VI, yang diagendakan pada 17 Juli 2019 mendatang. Namun,  tiga bulan sebelum perhelatan kejuaraan tingkat provinsi itu, Komite Olahraga Nasional Indonesia  (KONI) Kabupaten Situbondo,   ratusan    atlet  dari  sejumlah cabang olahraga (Cabor) di Kabupaten Situbondo, mulai  dimatangkan persiapannya.

Namun, kali ini, sebanyak 159 atlet    Pusat Pelatihan Kabupaten (Puslatkab) Situbondo proyeksi Porprov ke-VI,  yang dimatangkan persiapannya menjelang pelaksanaan Porprov ke-VI Tahun 2019, mereka  mengikuti tes parameter tehnik dasar dan  tes psikologi atau tes mental.

Menariknya, dalam melakukan tes parameter tehnik dasar dan tes psikologi, KONI Kabupaten Situbondo melakukan kerjasama dengan SSC Unesa Surabaya. Bahkan, dalam melakukan tes psikologi, tim ahli dari Fakultas Ilmu Olahraga Unesa Surabaya, menggunakan aplikasi online kepada para atlet Puslatkab  Situbondo.

Ketua KONI Situbondo, Reno Widigdyo mengatakan, ratusan  atlet dari sejumlah Cabor di Kabaupaten Situbondo, mereka  mulai dipersiapkan mentalnya. Untuk kepentingan ini, selama tiga hari ke depan, mereka mengikuti tes paramater. “Sebanyak 159 atlet dari  20  Cabor di Situbondo, mereka kita gembleng untuk persiapan porprov nanti,” kata Reno Widigdyo, Jumat (5/4/2019) .

Menurutnya, ada beberapa alasan  para atket Puslatkab Situbondo  itu  lebih ditekankan untuk pada persiapan mental. Di antaranya, agar mereka  memiliki kepercayaan diri tinggi saat bertanding. “Sebab, ketika bertanding nanti, mereka dituntut memiliki mental yang kuat. Jangan sampai psikologinya down ketika sudah ada di pertandingan resmi,” jelasnya.

Karena itu, mereka mendapatkan tes psikologi. Di samping itu, para atlet juga mendapatkan latihan teknik dasar. Reno menerangkan, keduanya sangat penting untuk meningkatkan performa atlet di lapangan. “Ini yang menjadi tolak ukur sebelum terjun ke porporv,” ujarnya.

Ada beberapa Cabor yang dipastikan lolos porprov. Salah satunya sepak bola. Di antara cabor-cabor tersebut, diprediksi bisa mencuri medali. Seperti taekwondo, bersepeda, anggar, karate, dan lain sebagianya. Bahkan, untuk anggar dan karate, grafik prestasinya terus meningkat beberapa tahun terakhir. “Karena itu, kita optimistis mampu meraih medali di porprov nanti,” kata Reno Widigdyo.

Lebih jauh pria yang akrab dipanggil Reno menambahkan, KONI Kabupaten  Situbondo juga sudah sangat siap menyambut poprov. Sebab, persiapan sudah dilakukan sejak tahun 2017 lalu. “Kita sudah melaksanakan pusltakab (pusat latihan kabupaten) dengan mengumpulkan atlet untuk diberikan latihan khusus,” pungkasnya. (fat)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 45 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Duplikat Jembatan Kapuas 1 segera Diresmikan Presiden Jokowi

18 Maret 2024 - 20:45 WIB

Tolak Pejabat Arogan dan Kontraktor Impor, Puluhan Kontraktor Datangi Kantor DPUPP Situbondo

18 Maret 2024 - 16:54 WIB

Terlibat ‘Perang Sarung’  Sejumlah Remaja di Ringkus Polisi

18 Maret 2024 - 15:28 WIB

Ratusan Rumah di Kecamatan Besuki Situbondo, Terendam Air Luapan Sungai Jumain

18 Maret 2024 - 15:17 WIB

Kena Ledakan Petasan, Tangan Kiri Bocah 14 Tahun Alami Luka Bakar

18 Maret 2024 - 15:13 WIB

Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Wanita di Kebun Sawit Tanjab Barat

18 Maret 2024 - 14:34 WIB

Trending di Daerah