Search

Jelang Ramadhan Pemkab Pasuruhan Gelar Pasar Murah

Pedagang di pasar tradisional Pasuruam yang menjual sayuran dan kebutuhan pokok lainnya. (Foto : abd)
Pedagang di pasar tradisional Pasuruam yang menjual sayuran dan kebutuhan pokok lainnya. (Foto : abd)

Pasuruan, reportasenews.com – Guna mengantisipasi lonjakan harga sembako yang fluktuatif terjadi dibeberapa pasar tradisional yang dibutuhkan oleh masyarakat di bulan Ramadhan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan, Jawa Timur, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan akan menggegelar Pasar Murah 2018.

Program akan dilaksanakan di 5 titik yakni di Lapangan Ngulakan, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Sukorejo pada tanggal 22-23 Mei, Lapangan Puntir, Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari pada tanggal 24 Mei, Lapangan Desa Legok, Kecamatan Gempol pada tanggal 28 Mei, Lapangan Desa Nguling, Kecamatan Nguling pada tanggal 30 Mei, serta Lapangan Kedondong, Desa Sumbergedang, Kecamatan Pandaan pada tanggal 31 Mei 2018.

Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan, Edy Suwanto mengatakan, digelarnya Pasar Murah  adalah untuk mengantisipasi tren naiknya harga sembako pada bulan ramadhan maupun menjelang lebaran. Pasalnya pada bulan Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri kebutuhan konsumsi untuk bahan kebutuhan pokok cenderung mengalami peningkatan.

“Kenaikan ini dapat mengakibatkan kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok masyarakat. Akhirnya dapat melemahkan daya beli masyarakat terutama warga kurang mampu. Untuk itu, sebagai bagian dari langkah pemantauan dan pelaporan terkait perkembangan harga harian, maka kita gelar Pasar Murah ini,” papar Edy, pada wartawan, Rabu (15/05/2018).

Pasar murah ini digelar atas kerjasama Disperindag bekerja sama dengan beberapa pihak yang berpartisipasi dalam menjual kebutuhan sembako. Kata Edy, peserta pasar murah terdiri dari OPD terkait (Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Disperindag), 24 kecamatan, IKM dan UKM, Perusahaan, BUMN, Bank Jatim, Bank Indonesia dan Hiswana Migas.

“Semua jenis sembako akan kita jual dengan harga miring dan insya Allah, harganya dapat dijangkau oleh masyarakat. Pasti lebih murah dari harga pasaran, sehingga saya himbau untuk masyarakat agar beramai-ramai datang ke pasar murah 2018, yang tentunya bisa dibandingkan terkait harganya,” pungkasnya. (abd)




Loading Facebook Comments ...