Search

Jelang Ramadlan,  Harga Daging Ayam  Mulai Naik  

Pedagang daging di Pasar Situbondo. (foto:fat)
Pedagang daging di Pasar Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Menjelang  bulan suci ramadlan 1440 Hijriah,  harga  kebutuhan pokok di Kabupaten Situbondo mulai mengalami kenaikan. Salah satunya yang cukup tinggi dialami oleh daging ayam potong. Itu terjadi dalam sepekan terakhir ini.

Harga daging ayam potong  disejumlah pasar tradisional di Kabupaten Situbondo, yang sebelumnya hanya sekitar  sebesar Rp.25 ribu. Namun,   saat ini, harga daging ayam potong  mencapai Rp.30  setiap kilogramnya.

Yuyud, salah seorang pedagang di Pasar Senggol, Kelurahan Mimbaan,  Kecamatan Panji, Situbondo  mengatakan,  dalam sepekan terakhir ini pihaknya  menjual daging ayam potong seharga Rp 30 ribu perkilogramnya. Padahal, sebelumnya hanya sekitar Rp.25 perkkilogram.

“Memang dalama beberapa hari terakhir ini, harga daging ayam potong  mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Biasanya, harga normal daging ayam potong hanya sekitar Rp 25 ribu perkilogram,”kata Yuyud, Jumat (3/5/2019).

Menurutnya,  faktor penyebab naik harga daging ayam potong  tu terjadi lantaran stok yang terbatas. Sehingga banyak pedagang yang kesulitan untuk mendapatkan ayam potong untuk dijual lagi. “Sebenarnya harga Rp 30 ribu di tempat saya sudah tergolong sangat murah. Kalau di pedagang lainnya, rata-rata harganya sekitar Rp 32 ribu ke atas,”bebernya.

Namun, saat ditanya mengenai harga daging ayam kampung, Yuyud mengaku tidak tahu. “Sebab saya memang tidak pernah menjual daging ayam kampung. Selama ini jualan saya ayam potong saja,” bebernya.

Selain itu,  harga sembako yang lain juga mengalami kenaikan, seperti bawang putih dan bawang merah juga mengalami kenaikan. Harga bawang putih yang sebelumnya hanya Rp. 45 ribu, saat ini, harganya mencapai Rp.52  perkilogramnya.

“Bawang putih perkilogramnya sekarang Rp 52 ribu.  Paadahal, sebelumnya  hanya sekitar Rp 45 ribu. Begitupun dengan bawang merah, juga mengalami kenaikan. Dari harga normal Rp 30 ribu, naik menjadi Rp 35 ribu,”kata Mamad, salah seorang pedagang sembako.

Menurutnya, sedangkan yang mengalami penurunan adalah cabai besar, dari harga sebelumnya sebesar  Rp  30 ribu, saat ini  turun  eenjadi  Rp 24 ribu perkilogram. “Sedangkan untuk cabai rawit tetap stabil, yakni tetap dengan harga Rp 20 ribu perkilogramnya,”pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...