Search

Jepang Siapkan Evakuasi Massa Akibat Ancaman Rudal Korea Utara

Kim Jong Un dan bom Hidrogen terbaru Korut
Kim Jong Un dan bom Hidrogen terbaru Korut

Jepang, reportasenew.com – Jepang sedang bersiap untuk mengevakuasi puluhan ribu warganya dari semenanjung Korea setelah peluncuran rudal terbaru Korea Utara.

Kim Jong-un melakukan ujicoba bom hidrogen, apa yang diyakini sebagai peledak paling kuatnya selama akhir pekan, memicu kepanikan di seluruh dunia.

Pyongyang mengklaim bahwa mereka sukses meledakan bom hidrogen yang mematikan, yang mampu menyebabkan kerusakan massal, dan dapat dipasang di dalam rudal ICBM.

Saat ketegangan mencapai titik tertinggi di Utara, dengan AS akan melakukan pembalasan, Jepang sedang mempersiapkan evakuasi massal hampir 60.000 warganya di Korea Selatan.

Sebagai tanggapan, menteri pertahanan AS James “Mad Dog” Mattis mengatakan bahwa ancaman lebih lanjut ke AS dan sekutu-sekutunya “akan disambut dengan sebuah respon militer yang besar – sebuah respon yang efektif dan luar biasa.”

Dan sumber pemerintah Jepang mengatakan bahwa setiap pembalasan militer akan memicu rencana evakuasi mereka.

Mereka mengatakan: “Jika AS memutuskan melakukan serangan militer terhadap Korea Utara, pemerintah Jepang akan mulai bergerak melakukan evakuasi atas kemauannya sendiri terlepas dari apakah rencana Amerika itu bersifat publik.”

Saat ini ada sekitar 38.000 penduduk Jepang di Korea Selatan, serta 19.000 turis lainnya dan turis jangka pendek lainnya.

Setiap warga negara Jepang yang tidak bisa keluar dari Korea Selatan akan didesak untuk mencari perlindungan.

Korea Selatan telah sepakat untuk memberi warga Jepang akses ke zona aman mereka, jika negara Korut tersebut memutuskan untuk menembaki tetangganya.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan: “Ada kemungkinan provokasi lebih lanjut”.

“Kita harus tetap waspada dan melakukan semua yang kita bisa untuk menjamin keamanan rakyat kita.” demikian imbuhnya.

Abe menambahkan bahwa mereka akan melihat berbagai tanggapan terhadap krisis di semenanjung Korea. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...