Search

JK: Pemilihan Kotak Suara Kardus Sudah Disetujui DPR, KPU Bawaslu dan Pemerintah

Wakil Presiden Jusuf Kalla. (foto:ist)
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (foto:ist)

Jakarta,reportasenews.com  – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memastikan kotak suara kardus yang terbuat dari karton aman digunakan untuk Pilpres 2019.

JK Menegaskan, kotak suara dari kaleng atau aluminium pun akan rusak jika dirusak pihak tak bertanggung jawab.

“Kaleng atau aluminium pun kalau mau dirusak, rusak. Tapi jangan lupa, kalau ada 500 kotak suara (aluminium/kaleng), disimpan di mana gudangnya,” Jelas Wapres, Selasa (18/12).

Menurut JK kotak suara kardus lebih mudah disimpan karena dapat ditumpuk sebelum dirakit menjadi kotak suara. Selain itu, sudah banyak negara yang mempergunakan kotak suara kardus.

“Kalau  aluminium itu kan susah disimpan harganya juga mahal serta saat ini tentu banyak yang rusak, jadi mesti diganti yang rusak ini,” ujar JK.

Diakatakan JK,  kotak suara kardus ini pengganti kotak suara aluminium yang sudah dipakai pada pemilu sebelumnya. Selain itu jumlah TPS bertambah pada Pemilu 2019.

JK menegaskan pemilihan kotak suara kardus berbahan karton kedap air juga untuk menghemat anggaran negara. Pemilihannya pun sudah disepakati antara DPR, KPU, Bawaslu, dan pemerintah serta sejumlah partai. Tegasnya. (*)




Loading Facebook Comments ...