Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 24 Jul 2018 21:25 WIB ·

Kabupaten Situbondo Raih Penghargaan KLA Pratama Tahun 2018


					Menteri PPPA Yohana Yembise menyerahkan penghargaan KOta Layak Anak kepada  Sekda Pemkab Situbondo. (foto:fat) Perbesar

Menteri PPPA Yohana Yembise menyerahkan penghargaan KOta Layak Anak kepada Sekda Pemkab Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Kabupaten Situbondo mendapat penghargaan Kota Layak Anak (KLA)  dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Penghargaan tersebut diraih berkat komitmen dan kepedulian Pemkab Situbondo, dalam memenuhi hak dan perlindungan terhadap anak-anak di Kabupaten Situbondo.
Penyerahan penghargaan  itu Menteri PPPA Yohana Yembise kepada  Sekda Pemkab Situbondo,  pada puncak peringatan  Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2018 di panggung penganugerahan kabupaten/kota layak anak se-Indonesia di Dyandra Convention Center, Surabaya, Senin malam 23 Juli 2018
Dalam kesempatan  tersebut, Menteri Yohana mengatakan, penghargaan dan penganugerahan Kota Layak Anak (KLA)  merupakan bentuk apresiasi Kementerian PPPA atas segala upaya pemerintah daerah melalui para gubernur, bupati, dan walikota di Indonesia. Ada 177 kota/kabupaten yang mendapat penghargaan dari berbagai kategori tahun ini. Untuk kategori KLA kabupaten/kota terdapat 113 kategori Pratama, 51 Madya, 11 Nidya dan 2 Yang Utama.
“Jika di lihat total kab/kota seluruh Indonesia yang berjumlah 508 Kab/kota, berarti baru sekitar 35% yang menuju Kota Layak Anak. Untuk itu kita berharap, melalui penghargaan ini akan terus meningkat kabupaten/kota yang mendapat penghargaan KLA,” jelasnya.
Yohana menyebutkan, penilaian KLA tahun 2018 mengacu pada indikator yang terangkum dalam 5 klaster konvensi hak anak. Antara lain klaster hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatn waktu luang dan kegiatan budaya serta klaster perlindungan khusus.
“Selain penyerahan KLA ada juga anugerah yang di berikan kepada kabupaten/kota dengan kategori non KLA, diantaranya pemenuhan hak sipil terbaik, pembinaan forum anak daerah, pencegahan perkawinan anak, puskesmas ramah anak, sekolah ramah anak, Unit pelayanan terpadu PPA, Polres ramah anak dan Masjid Ramah Anak,”bebernya.
Sementara itu, Sekda Pemkab Situbondo Syaifullah mengatakan, penghargaan KLA Pratama   ini merupakan hasil  kerja keras dan komitmen bersama  para pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Situbondo
“Meski sebenarnya, penghargaan itu, bukanlah tujuan utama Pemkab Situbondo, karena yang terpenting adalah bagaimana semua upaya yang dilakukan demi hak anak-anak di Situbondo bisa terpenuhi dalam artian  luas,”katanya.
Syaifullah menambahkan, penghargaan ini juga tak luput dari adanya perhatian dan dukungan penuh dari organisasi perangkat daerah (OPD) serta stakeholder terkait dan semua elemen masyarakat Situbondo dalam pengembangan KLA di Kabupaten Situbondo.(fat)
Komentar
Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Anggota Polsek Karanganyar Bantu Warga Membangun Rumah

29 Maret 2024 - 04:45 WIB

Ngantuk, Sopirn Pikap Tabrak Warung Makan dan Pohon

28 Maret 2024 - 21:15 WIB

Gerebek Arena Judi di Kebun Tebu, Petugas Amankan 2 Pelaku

28 Maret 2024 - 21:06 WIB

Viral di Medsos, di Situbondo Balita Perempuan Dilempar Ayah Kandungnya

28 Maret 2024 - 19:03 WIB

Jembatan Muara Tembesi Nyaris Roboh Ditabrak Tongkang Angkutan Batu Bara

28 Maret 2024 - 18:46 WIB

Pemrov Jambi Kebut Percepatan Pembangunan Jalan Khusus Batu Bara Sepanjang 140 km

28 Maret 2024 - 18:01 WIB

Trending di Daerah