Search

Kapal KM Munirah Tabrak Karang di Pulau Pramuka

KM Munirah yang menabrak karang di kepulauan Pramuka. (foto: tat)
KM Munirah yang menabrak karang di kepulauan Pramuka. (foto: tat)

Jakarta, reportasenews.com – Kapal KM Munirah menabrak gugusan karang di kawasan Karang Lebar, sebelah barat Pulau Karya di utara Kepulauan Seribu, Minggu (20/8).

Kepala Sektor Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara Nugroho Dwi Utomo menyebut ada 12 warga negara (WN) Tiongkok yang ada di kapal itu.

“Penumpang sebanyak 12 Warga Tiongkok, beserta dua ABK dan Nahkoda,” kata Nugroho ketika dikonfirmasi, Minggu (20/8).

Nugroho menuturkan karamnya kapal bermula pada sekitar 11.30 WIB ketika kapal carteran itu berlayar dari Pulau Bintang ke Pulau Keramba.

Saat dalam perjalanan, kondisi laut yang surut membuat kapal menabrak karang batang propeler yg nabrak karang kemudian baling-baling menghantam bodi yang menyebabkan lambung kapal bocor. Pihak Damkar pun segera mengevakuasi para korban ke Pos Pulau Karya dan menarik kapal yang karam ke Pulau Pramuka.

Sementara, yang menyangkut dan kandas di karam dibantu apung pakai tong plastik dan ditarik kapal Damkar ke dermaga lelang TPI Pulau Pramuka.

Dugaan sementara, kapten kapal tidak memperhatikan buoy suar dan memotong kompas. Jalur pelayaran dari Pulau Semak Daun ke Pulau Pramuka, melewati gugusan terumbu karang yang luas di sebelah barat Pulau Panggang.(tat)

Berikut data 15 penumpang yakni:
1. Wong Sie Wu
2. Wang Gang
3. Hou Na
4. Yi Yan
5. Yu Yang
6. Ma Wen
7. Yang Zhocun
8. Yang Kang
9. Chi Chi
10. Shely
11. Yin Ting Ting
12. Chen Tai Ong
13. Sari (Nahkoda)
14. Ending (ABK)
15. Angga (ABK).




Loading Facebook Comments ...