Search

Kapal Selam Tenaga Nuklir AS Bergabung Untuk Tekan Korut

USS Micihigan kapal selam tenaga nuklir bergabung masuk di Korea/U.S. Navy photo by Lt. Ed Early/Commander, US Pacific Fleet
USS Micihigan kapal selam tenaga nuklir bergabung masuk di Korea/U.S. Navy photo by Lt. Ed Early/Commander, US Pacific Fleet

Korea, reportasenews.com – AS mengirimkan USS Michigan, satu kapal selam bertenaga nuklir menuju semenanjung Korea untuk menekan posisi Korea Utara dalam membantu sekutunya Korsel serta Jepang. Kapal selam ini akan masuk dalam gugus tempur bersama kapal induk USS Carl Vinson.

Pejabat militer Korea Selatan mengatakan bahwa USS Carl Vinson akan bergabung dengan sebuah kapal selam AS untuk latihan militer di Semenanjung Korea akhir pekan ini.

“Kapal selam bertenaga nuklir USS Michigan akan memasuki perairan di semenanjung segera, atau kemudian untuk bersama-sama melakukan latihan dengan USS Carl Vinson,” kata seorang pejabat kepada Kantor Berita Yonhap Korea Selatan.

Itu terjadi di tengah kebuntuan yang tegang antara Pyongyang dan Washington karena kedua negara terus berlanjut mengeluarkan pekik berperang.

Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) menyebut penempatan kapal selam tersebut sebagai “pemerasan militer yang tidak disengaja”. Pyongyang merasa bahwa latihan tahunan tidak lebih dari sekedar latihan untuk menyerang Korea Utara dan menyingkirkan pimpinan puncaknya, Kim Jong-un.

Korut juga mengatakan bahwa kehadiran USS Michigan akan menciptakan situasi panas “touch and go” di semenanjung tersebut.

Rodong Shinmun, surat kabar resmi Partai Pekerja Korea yang berkuasa, menulis pada, “Jika musuh sembarangan memprovokasi DPRK, angkatan bersenjata revolusionernya akan segera memberikan pukulan mematikan kepada mereka dan melawan perang total dengan perang habis-habisan, dan perang nuklir dengan serangan nuklir tanpa ampun bergaya Korea.”

Kapal selam kelas kedua Ohio Angkatan Laut AS, USS Michigan dapat menyerang sasaran hampir 1.000 mil jauhnya dengan 150 rudal Tomahawk, dan dilaporkan akan melakukan misi pengintaian setelah bergabung dengan gugus tempur kapal induk Carl Vinson. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...