Search

Kapolda Minta Peran Pesantren Ikut Jaga Kamtibmas

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan saat berkunjung ke PP Dalwa, Kamis (1/11/2018) siang. (Foto : abd)
Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan saat berkunjung ke PP Dalwa, Kamis (1/11/2018) siang. (Foto : abd)
Pasuruan, reportasenews.com – Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan melakukan silaturrahmi ke Pondok Pesantren (PP) Darullughoh Wad Da’wah, (Dalwa), di kawasan Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Kamis (1/11/2018). Kehadiran Kapolda bersama rombongan disambut langsung pengasuh, Habib Zein Hasan Baharun dengan dikalungi sorban dan kopiah.
Kapolda mengatakan, pondok pesantren akan terus menjadi prioritas dan perhatian Polda Jatim, utamanya dalam rangka menghadapi Pemilu 2019. Hal itu dikarenakan, pesantren dianggap sebagai pondasi dalam menjaga kedamaian di tahun politik.”Peran pondok pesantren dapat meminimalisir potensi ancaman keamanan sosial menjelang pemilu 2019,” kata Luki.
Menurut Kapolda, beragam informasi, terutama di dunia medsos terus berseliweran. Bahkan, informasi dikemas dalam isu agama belakangan ini, seakan-akan tanpa filter terus mengemuka, hingga berujung hoaks. “Maka peran kiai, ulama dan habaib, sangat penting bisa mengarahkan semua santri dan masyarakat,” katanya.
Dikatakan Luki, santri dengan usia muda diperkirakan rentan, mudah terhasut adanya informasi berlatar agama hingga turut terlibat memberikan sikap dan pandangannya, yang bisa saja malah membuat kian runyam.”Oleh karenanya, POLRI-TNI-Pemda dan masyarakat harus sama-sama menjaga NKRI.“NKRI adalah harga mati,” paparnya.
Ia berpesan kepada seluruh ulama, kiai, habib agar menyampaikan salam pada santrinya. Agar tak terprovokasi isu agama, isu hoaks, dan hate speech atau ujaran kebencian. Juga ditegaskan bahwa pihaknya akan intens komunikasi dengan tokoh-tokoh masyarakat, kiai, ulama maupun pondok pesantren untuk bisa menjaga keamanan dan kenyamanan menjelang Pemilu. (abd)



Loading Facebook Comments ...