Search

Kapolda Papua Hadiri Deklarasi Pilkada Papua Penuh Damai (Papeda)

Kapolda Papua saat menandatangani kesepakatan Pilkada Papua Penuh Damai. ( foto : riy )
Kapolda Papua saat menandatangani kesepakatan Pilkada Papua Penuh Damai. ( foto : riy )

Jayapura, reportasenews.com – Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafly Amar hadir didalam Deklarasi Pilkada Papua Penuh Damai yang dilaksanakan pada hari Kamis ini bertempat di Auditorium Uncen.

Acara yang diselenggarakan oleh Cenderawasih Reading Center bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua dan Universitas Cenderawasih dengan Thema ” cerdas Politik, Damai Demokrasi, Papua Penuh Damai ” yang dikoordinir oleh Direktur Cenderawasih Reading Center MICHAEL JHON YERISITOUW, S.SI diikuti kurang lebih 200 Mahasiswa.

Hadir dalam kegiatan yakni Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa, SE, Ketua KPU Prov. Papua Adam Arisoi, SE, Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol Andi Heru Santo, SH, MH, SST, Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Robby Urbinas, SH, S.IK, Dandim 1701 Jayapura Letkol Inf Nova Ismailyanto, S.IP, Rektor Universitas Cenderawasih Dr. Ir. Apolo Safanto, ST, MT, Kapolsek Abepura AKP Dionisius Vdp Halan, S.IK, Danramil 1701 – 03/ Abepura Lettu Caj Haggar Samon dan Kordiv Pengawasan, Pencegahan dan hubungan antara lembaga Bawaslu Provinsi Papua Anugrah Pata, SH.

Rektor Universitas Cenderawasih Dr. Ir. Apolo Safanto, ST, MT dam sambutannya mengapresiasi yang tinggi dalam kegiatan hari ini karena kita akan menghadapi Pilkada serentak dan saya berterima kasih kepada pihak – pihak yang telah hadir dalam memberikan materi hari ini agar dapat bermanfaat bagi kita semua.

Kordiv Pengawasan, Pencegahan dan hubungan antara lembaga Bawaslu Provinsi Papua ANUGRAH PATA, SH memberikan materi tentang Pengawasan Pemilu adalah kegiatan mengamati , mengkaji ,memeriksa dan menilai proses penyelenggara pemilih sesuai peraturan perundang – undangan. Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur menjadi tanggung jawab bersama Bawaslu.

Strategi pengawasan dibagi menjadi 2 (Dua) Sistem yakni Pencegahan terhadap Potensi pelanggaran dengan melakukan tindakan langkah – langkah dan upaya optimal mencegah secara dini terhadap potensi pelanggaran dan penindakan.

Untuk indeks pilkada baik pemilihan Gubernur maupun Bupati  yang ada di Papua maka papua  menjadi urutan pertama dalam kerawanan pilkada tertinggi di indonesia maka dalam rangka melakukan pencegahan tersebut dilakukan Sosialisasi Pengawasan bagi Stekeholder, OKP, Mahasiswa dan lain – lain.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Dalam hal ini tugas – tugas keamanan pada pesta demokrasi kami dari aparat TNI – POLRI diatur oleh Hukum di negara kita untuk menjadi penjaga Demokrasi dinegara kita.

Kita merefleksi Pilkada Tahun 2017 dan masih ada 5 (Lima) Kabupaten yang menjadi masalah yang berakhir pada PSU yang tidak identivisial dari pihak penyelenggara dan ada beberapa kejadian menonjol pada pilkada Tahun 2017 antara lain di Kab. Intan Jaya, Puncak Jaya, Lanny Jaya, Tolikara dan Kep. Yapen dan ini menjadi catatan – catatan pada Pilkada Tahun 2017. Seminar pendidikan Politik dan Deklarasi Pilkada Papua Penuh damai ini sangat bagus agar bisa bergulir dan sampai pada masyarakat kita pada saat pesta demokrasi Tahun ini.

Upaya kami yang telah dilakukan dalam Pesta Demokrasi Tahun ini kami telah melakukan Doa Bersama oleh semua Tokoh Agama, FKUB, dan PGGD agar menjaga dan tidak menjadikan Konflik pada saat pilkada berlangsung dan kami telah melakukan Komitmen bersama pilkada damai tahun 2018 di Provinsi Papua.

Kita harus bersinergitas dengan GAKUMDU dalam rangka Pilkada Tahun 2018 agar tidak terjadi kecurigaan – kecurigaan dan ketidak puasan pada Pilkada serentak serta aksi nyata Polda Papua dalam mendukung pemerintah Daerah adalah membentuk pembentukan Satgas Anti HOAX Polda Papua dalam rangka antisipasi kejahatan dunia maya dan kampanye Hitam pada saat pilkada serentak Tahun 2018. Kami Aparat keamanan dari TNI – POLRI selalu bersinergitas dalam pengamanan Pilkada serentak di Seluruh Indonesia.

Sementara itu  Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa, SE dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Fenomena Globalisasi dan implikasi saat ini negara dituntut melaksanakan kerja sama dan kami TNI – POLRI akan menjaga dan mengawal pesta Demokrasi Pilkada Tahun 2018 secara Netral. Tugas TNI dalam pilkada Serentak Tahun 2018 membantu Tugas kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka keamanan dan ketertiban masyarakat pada saat Pilkada Serentak Tahun 2018.

Kegiatan dilanjutkan dengan seksi tanya jawab. Selanjutnya pada  pukul 14.42 Wit dilakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Deklarasi Papua Penuh Damai.

Seminar Pendidikan Politik dan Deklarasi Pilkada Papua Penuh Damai (PAPEDA) bertujuan memberikan pemahaman politik kepada mahasiswa jelang Pilgub Th 2018, sehingga diharapkan Pemilihan Gubernur Papua bisa berjalan dg baik, aman dan damai. (riy)

 




Loading Facebook Comments ...