Search

Kapolres AKBP Awan Hariono, Himbau Warga Situbondo Tak Main Petasan

Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono. (foto:fat)
Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Maraknya  warga Kabupaten Situbondo,  yang membakar petasan  pada momen  bulan suci  Ramadlan 1440 Hijriah, kondisi tersebut langsung mendapat perhatian khusus dari Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono.

Bahkan, Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono, menghimbau kepada warga Situbondo untuk tidak bermain petasan atau membakar petasan. Selain membahayakan terhadap yang membakar dan orang lain, namun bermain petasan juga melanggar ketentuan Undang-undang.

Kapolres AKBP Awan Hariono mengatakan, larangan bermain petasan tidak hanya ketika dibakar dan diledakkan saja, namun membuat dan menyimpan serta memperjual belikan dapat dijerat Undang Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

“Ancaman hukumannya  cukup  berat, yakni maksimal selama 12 tahun kurungan penjara.  Oleh karena itu, kami akan terus melakukan sosialisasi tentang larangan bermain petasan, karena selain ber bahaya terhadap dirinya sendiri, namun membakar  petasan juga bisa membahayakan terhadap orang lain,”ujar  Kapolres AKBP Awan Hariono, Senin (13/5/2019).

Menurutnya, karena pada momen Ramadlan warga Situbondo terbiasa bermain petasan. Oleh karena itu, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi tentang bahaya bermain petasan kepada  warga Kabupaten  Situbondo.
“Selain larangan bermain petasan, kami juga minta  selama bulan Ramadhan,   warga Situbondo juga tidak menjual minuman keras,”imbuhnya.

AKBP Awan Hariono menambahkan,   untuk menertibkan adanya hiburan malam,  pihaknya telah meminta jajarannya untuk melakukan langkah-langkah, baik langkah preventif dengan cara  melakukan sosialisai ke sejumlah   lokasi,  yang ditengarai menjadi tempat hiburan malam.

“Dalam menertibkan sejumlah lokasi yang sering dijadikan tempat hiburan malam, kami sudah meminta semua kepala satuan dan kapolsek untuk melakukan kegiatan tersebut.  Bahkan, perintah tersebut bukan hanya di bulan Ramadhan saja,”pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...