Search

Kapolres AKBP Awan Hariono:  Hanya Tujuh Lokasi Tambang Mengantongi Izin Lengkap di Situbondo

lokasi pertambangan di Situbondo. (foto:fat)
lokasi pertambangan di Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Dari jumlah total 10 lokasi aktivitas  galian C di Kabaupaten Situbondo, namun hanya tujuh lokasi tambang yang tersebar pada  beberapa kecamatan di Kabupaten Situbondo, yang diketahui sudah mengantongi izin lengkap

Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono mengatakan,   hanya ada tujuh lokasi pertambangan di Situbondo yang sudah mengantongi izin lengkap.

“Data  tersebut berdasarkan hasil diskusi,  kami bersama pemerintah kabupaten Situbondo, bahwa ada tujuh lokasi pertambangan yang punya izin lengkap,” kata Kapolres  AKBP Awan Hariono, Kamis (8/11/2018).

Tujuh lokasi  aktivitas  galian C yang diketahui  sudah memiliki Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP), Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Ijin Usaha Operasi Pengelolaan Pertambangan (IUOPP), sehingga bisa melakukan aktivitas pertambangan dan menjual hasil tambang.

“Namun, bagi pengusaha tambang  yang diketahui  belum punya izin lengkap, kita dorong untuk segera mengurus izinnya.  Sedangkan yang sudah lengkap, kita bantu untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Situbondo,”ujar AKBP Awan Hariono.

Menurutnya, tujuh lokasi aktivitas tambang  tersebut tersebar di wilayah timur, tengah dan barat kota Situbondo, diantaranya, Desa Sumberkolak Kecamatan Panarukan, Desa Kotakan Kecamatan Kota, Desa Panji Kidul Kecamatan Panji, Desa/Kecamatan Banyuputih dan Desa/Kecamatan Banyuglugur.

Sementara itu, saat dikonfirmasi  terkait  gagalnya aksi unjuk rasa oleh gabungan tujuh elemen masyarakat Situbondo,  yakni tentang penolakan terhadap pengusaha tambang dan armada dari luar daerah, Kapolres mengaku ada kesepakatan bersama sehingga aksi unjuk rasa gagal dilakukan.

“Sebelum melakukan aksinya,  kita memanggil para koordinator aksi dan  beri pemahaman, bahwa Situbondo harus kondusif apalagi memasuki tahun politik. Selain itu,  kami berjanji  untuk memfasilitasi dengan pengusaha tambang agar mengutamakan dump truck atau armada lokal untuk mengangkut material galian C di Kabupaten Situbondo,”pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...