Search

Kapolres Situbondo Awan Hariono Pimpin Operasi Patuh Semeru 2018

Petugas polisi saat melakukan operasi Patuh Semeru 2018 di Situbondo. (foto:fat)
Petugas polisi saat melakukan operasi Patuh Semeru 2018 di Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Hari  pertama pelaksanaan operasi patuh Semeru Tahun 2018, Kapolres Situbondo AKBP Sigit Hariono, memimpin langsung operasi yang bertujuan untuk menekan angka laka lantas di Jalur Pantura Situbondo,  Kamis (26/4).

Bahkan, pria yang  diketahui baru dua hari menjabat sebagai Kapolres Situbondo itu, tak segan untuk turun langsung menemui dan menyapa para pengendara yang dirazia oleh petugas gabungan Polres Situbondo.

Selain itu, AKBP Awan Hariono juga ikut memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor yang dirazia. Bahkan,  perwira melati dua   asal Gumukmas Jember ini, juga ikut  membetulkan helm pengendara sepada motor  yang diketahui tidak meng-klik helmnya.

Namun,  pada hari pertama pelaksanaan   Operasi Patuh Semeru Tahun 2018, petugas  berhasil menjaring sebanyak  81 jenis pelanggaran kendaraan bermotor, sebagian besar dari pengendara kendaraan bermotor itu diketahui membawa STNK, SIM dan tidak mengenakan helm saat berkendara.

Pantauan Reportasenews.com dilapangan, pada hari pertama pelaksanaan  Operasi Patuh Semeru Tahun 2018  itu, dilaksanakan di Jalan Raya Situbondo-Banyuwangi, tepatnya di depan Kecamatan Panji. Hampir 2 jam hingga pukul 16.00 WIB, polisi bersama petugas gabungan dari Sub Denpom, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Situbondo, melakukan razia   terhadap  kendaraan  bermotor yang sedang  melintas.

“Operasi Patuh Semeru 2018 dimulai hari ini hingga tanggal 9 Mei mendatang, namun  selama operasi anggota harus mengedepankan sikap ramah dan senyuman,”ujar  Kapolres AKBP Awan Hariono , Kamis (26/4).

Menurutnya, dalam operasi yang bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas,   baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat, bahkan kendaraan angkutan barang dan penumpang juga ikut diperiksa oleh petugas gabungan.

“Semua kendaraan bermotor akan diperiksa, termasuk jenis angkutan juga kami periksa.  Itu dilakukan karena untuk  mengantisipasi barang bawaan berbahaya, termasuk yang  minuman keras (miras) yang menjadi atensi pimpinan. Ke depan kami akan bentuk tim Tumpas Miras untuk memerangi peredaran miras di Situbondo,”bebernya.

Menurutnya, meski dalam  operasi tersebut  tidak menemukan miras dan barang bawaan penumpang yang berbahaya, namun dari razia kali ini petugas berhasil menjaring sebanyak 81 pelanggar.  Selanjutnya, semua pelanggar langsung digiring masuk ke halaman Mapolsek Panji untuk diberikan sanksi tilang.

“Dalam operasi Semeru tahun 2018, salah satu  tujuannya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Selain itu, juga untuk  memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya tertib berlalu lintas,”pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...