Search

Kapolres Waropen Dikukuhkan Sebagai Penjaga Keamanan Wilayah Adat

Ketua LMA Waropen, Barend Agaki, SH saat menobatkan Kapolres Waropen sebagai Penjaga Keamanan Wilayah Adat Waropen. ( foto : riy )
Ketua LMA Waropen, Barend Agaki, SH saat menobatkan Kapolres Waropen sebagai Penjaga Keamanan Wilayah Adat Waropen. ( foto : riy )

Jayapura, reportasenews.com – Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Waropen secara resmi menobatkan Kapolres Waropen AKBP Supraptono, S.Sos, M.Si sebagai penjaga keamanan di wilayah adat Kabupaten Waropen dengan sebutan nama adat Eso Bawa Waropendi.

Penobatan tersebut berlangsung pada Rabu (04/04) di Kampung Paradoi Distrik Urei Faisei oleh Ketua LMA Kabupaten Waropen, Barends Agaki, SH dan disaksikan oleh perwakilan MRP Provinsi Papua Lenora Wonatorei beserta 7 Kepala Suku di wilayah adat Waropen dan juga para tetua adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan serta warga Kampung Paradoi.

Ketua LMA Kabupaten Waropen, Barend Agaki, SH dalam sambutannya menjelaskan, penobatan tersebut dilatarbelakangi oleh sikap yang sangat mengayomi masyarakat oleh jajaran Polres Waropen sehingga para kepala suku di wilayah adat Waropen sepakat untuk menobatkan Kapolres sebagai Penjaga Keamanan Wilayah Adat dengan nama Eso Bawa Waropendi.

“Kapolres Waropen dan jajarannya menunjukan sikap yang sangat mengayomi terhadap kami Masyarakat Adat Waropen, sehingga kami berpendapat bahwa perlu dibuat Penobatan dari adat sebagai Penjaga Keamanan Adat atau Eso Bawa Waropendi di Wilayah Adat Kabupaten Waropen,” tutur Barend saat berlangsungnya penobatan,.

Sementara itu, Kapolres Waropen AKBP Supraptono, S.Sos, M.Si selaku Eso Bawa Waropendi dalam sambutannya mengungkapkan terimakasihnya atas kepercayaan masyarakat adat waropen atas penobatan dirinya sebagai penjaga keamanan wilayah adat.

“Penobatan ini merupakan wujud kepercayaan Masyarakat Adat Waropen terhadap pribadi dan kesatuan Polres Waropen atas pengayoman jajaran kepolisian selama ini,” tuturnya. .

Dijelaskannya, apabila ada hal-hal diluar kemampuannya sebagai Kapolres Waropen dalam suatu hal ataupun permasalahan di tengah-tengah masyarakat yang perlu diselesaikan, diharapkan kepada masyarakat dan tua-tua adat untuk menyampaikan kepada dirinya sebagai anak adat.

“Karena adat adalah mitra Kepolisian, sehingga dapat bersinergi dengan Polres Waropen dalam menciptakan Kabupaten Waropen yang aman, damai, dan kondusif,” tambah Supraptono. (riy)




Loading Facebook Comments ...