Search

Kapolri Paparkan Kondisi Perekonomian Indonesia di International Business Forum Singapura

Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D saat menjadi pembicara di International Business Forum Singapura. (Istimewa)
Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D saat menjadi pembicara di International Business Forum Singapura. (Istimewa)
Gresik, reportasenews.com – Upaya pemerintah untuk menciptakan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia diwujudkan melalui pemerataan pembangunan infrastruktur hingga ke pelosok negeri demi mendongkrak perekonomian nasional. Upaya lainnya adalah dengan adanya reformasi percepatan berusaha serta perbaikan peraturan dan kebijakan pendukung lainnya.
Mengindahkan undangan sebagai pembicara pada International Business Forum di STI Auditorium, Capital Tower, Level 9, 168 Robinson Road – Singapura, Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D memfokuskan paparannya pada kondisi perekonomian Indonesia saat ini.
Acara yang diadakan pada Selasa (31/07/2018) dibuka oleh sambutan dari Ms. Ann Yom Steel, Executive Director of AmCham. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Duta Besar Indonesia di Singapura Bpk. H.E. Ngurah Swajaya dan diikuti sambutan dari Mr. Victor Mills, SICC Chief Executive.
“Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil dalam periode 10 tahun terakhir didukung dengan jumlah tenaga kerja yang besar dan wilayah yang luas menjadi salah satu peluang yang tentunya dimanfaatkan pemerintah Indonesia untuk mendorong masuknya investasi asing”, tegas Kapolri pada awal paparannya.
Selain itu, menurut Kapolri, peluang lain yang dimiliki oleh Indonesia berasal dari situasi politik regional, nasional, dan lokal Indonesia yang sangat stabil. Polri yang mengemban tugas dan fungsi dalam pemeliharaan situasi Kamtibmas yang sangat kondusif semakin mendukung stabilitas keamanan. Di sisi lain, Kementerian Dalam Negeri juga senantiasa mendukung terciptanya iklim investasi yang kondusif.
“Riset Price watehouse Copers yang memprediksikan Indonesia sebagai negara dengan GDP ke-5 di dunia pada 2030 dan ke-4 pada 2050. Kemudian, Indonesia merupakan negara teraman ke-9 di dunia berdarkan riset Gallup 2018, Global Law and Order Report”, ujar Kapolri yang memandang bahwa capaian ini menjadi bukti dunia internasional saat ini mulai melirik Indonesia.
Beberapa upaya Polri dalam mendukung iklim investasi di Indonesia antara lain: mengoptimalkan peran Satgas Saber Pungli, membentuk Satgas Pangan, peningkatan pelayanan publik berbasis IT, turut serta dalam penyelesaian sengketa investasi asing, melaksanakan pengamanan objek bidang industri dan investasi secara optimal dan menjamin penyelenggaraan Pemilu berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif.
Pada acara tersebut turut hadir H.E.  Ngurah Swajaya selaku Duta besar Indonesia untuk Singapura, Mr Victor Mills selaku  Executive Director Singapore International Chamber of Commerce, Ms. Ann Yom Steel selaku Executive Director  American Chamber Of Commerce, Dr. Michael Goutama selaku Chairman Indonesia Chairman of Commerce and Industry (KADIN)  Singapore Committee, Mr. Teo Siong Seng selaku Chairman of Singapore Business Federation, dan Mr Douglas Foo selaku Chairman of Singapore Manufacturing Federation. (dik)



Loading Facebook Comments ...