Search

Kasus Covid-19 Makin Meningkat, Situbondo  ‘Sulap’ Alat Paru-paru Menjadi Tes Swab Cepat

Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, (foto:fat)
Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, (foto:fat)

 

Situbondo,reportasenews.com – Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Situbondo makin meningkat, Pemkab Situbondo terus mencari solusi untuk memiliki alat  swab cepat. untuk mempermudah  pengendalian tracing.

 

Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto menjelaskan, sedang mempersiapkan alat TCM, yaitu alat untuk mendeteksi virus di paru-paru. Nantinya alat medis itu akan dimodifikasi menjadi alat Swab cepat. “Ditambah cartridge. Harganya kisaran lebih daru Rp 600 ribu,”ujar Bupati Dadang Wigarto, Jumat (26/6/2020).

Menurutnya,  dengan alat TCM yang telah dimodifikasi, Kota Santri akan memiliki Tes Swab cepat. Dia mengaku telah memesan seratus cartridge. “Tapi kita rencanakan tahap selanjutnya akan memesan seribu unit,”katanya.

 

Bupati Dadang menambahkan, alat TCM tidak sama dengan PCR. Salah satu perbedaannya, TCM modifikasi itu hanya bisa memeriksa sepuluh pasien setiap hari.”Sedangkan PCR bisa memeriksa 30 pasein dalam sehari,”bebernya.

 

Selain mempersiapkan TCM, dirinya juga masih menunggu balasan surat resmi dari BNPB. Sebab, Kabupaten Situbondo telah mengirim surat resmi tentang peminjaman PCR.

“Namun, menurut  informasi yang kita dengar  PCR telah dikirim ke luar jawa. Tapi kita tetap menunggu giliran, sembari  mencari jalan keluar lainnya,”pungkasnya. (fat)




Loading Facebook Comments ...