Search

Kawanan Hiu Tutul Kembali Muncul di Perairan Probolinggo

Kawanan hiu tutul ketika tampak di peairan panti utara Probolinggo.(foto: dic)
Kawanan hiu tutul ketika tampak di peairan panti utara Probolinggo.(foto: dic)

Probolinggo, reportasenews.com – Kawan hiu tutul yang diperkirakan puluhan ekor, kambali muncul di perairan selat Madura, tepatnya Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, Minggu (11/2/2018).

Munculnya biota laut raksasa yang memikat masyarakat untuk dijadikan tontonan ini, hingga kini banyak warga yang terus berdatangan di Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. Sehingga pihak Satpolair Polres Probolinggo pun, melakukan patroli terpadu untuk mengawasi kemunculan hewan yang dilindungi tersebut.

Kemunculan raksasa laut ini, tak lain untuk mencari plankton, sebagai makanannya. Dimana musim-musim ini, kawasan perairan Probolinggo memang sedang dipenuhi plankton.

“Kawanan hiu tutul ini sebetulnya tiap tahun muncul. Tapi kali ini berbeda. Biasanya itu hanya 3 sampai lima ekor yang menepi. Kali ini yang menepi lebih banyak, sampai puluhan,” Kata Sofiah, salah seorang warga yang melihat kawanan hiu tutul saat menepi di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Minggu (11/2).

Dari Pelabuhan Tanjung Tembaga, hanya butuh perjalanan selama lima belas menit saja, untuk bisa melihat dari dekat, hiu tutul. Ada sekitar 25 ekor hiu, nampak di perairan utara Probolinggo ini. Panjang tubuh hiu tutul ini bervariasi. Mulai dari lima meter, hingga sepuluh meter.

Pihak Satpolair Polres Probolinggo, akan terus melakukan patrol terkait kemunculan kawanan hiu tutul ini.

“Tujuannya, menegur dan mengingatkan warga atau wisatawan, agar tidak memberi makan atau mengganggu gerombolan hiu tutul ini,”ungkap Kasatpolair Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno.(dic)




Loading Facebook Comments ...