Search

Kawasan Hutan Jati Pasir Putih Situbondo Terbakar 

kobaran api yang membakar kawasan hutan jati di Situbondo. (foto:fat)
kobaran api yang membakar kawasan hutan jati di Situbondo. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Kawasan hutan jati  petak 34, yang  berlokasi di Dusun Pandan Sari, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur terbakar. Itu terjadi akibat cuaca panas yang melanda kawasan Situbondo, dalam satu bulan terakhir ini, Kamis (27/9/2018).
Akibatnya, sekitar tiga hektar hutan jati di kawasan RPH Bungatan, Kabupaten  Situbondo tersebut  terbakar. Diduga kuat, peristiwa kebakaran itu terjadi karena ada orang yang bertanggung jawab,  membuang puntung rokok di kawasan hutan jati tersebut.
Pantauan Reportasenews.com dilapangan, karena saat peristiwa kebakaran  angin bertiup sangat kencang,  sehingga kobaran api yang awalnya hanya terjadi pada satu titik itu terus menyebar.
Bahkan, hanya dalam hitungan menit, kobaran api yang membakar daun dan ranting kering di kawasan hutan jati petak 34 di Dusun Pandan Sari, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo  tersebut langsung menyebar.
Namun, karena dikhawatirkan kobaran api akan terus merembet ke areal lain di kawasan hutan jati tesebut. Petugas gabungan antara RPH Bungatan, Polsek dan Koramil Bungatan, bersama  puluhan warga setempat, mereka berusaha memadamkan kobaran api dengan cara manual.
Kobaran api yang membakar kawasan hutan jati seluas tiga  hektar itu, baru dapat dipadamkan satu jam setelah kejadian. Itupun setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Situbondo datang ke lokasi kejadian.
Puryono selaku Koordinator Petugas Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo mengatakan, pihaknya tidak mengetahui secara pasti tentang penyebab kebakaran di kawasan hutan jati tersebut.
“Kawasan hutan jati yang terbakar seluas tiga hektar, sedangkan penyebab kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan petugas,  apakah ada sengaja yang membakar atau tidak,”kata pria yang akrab dipanggil Ipung.(fat)



Loading Facebook Comments ...