Search

Kawasan Hutan Taman Nasional Baluran Situbondo Terbakar

Petugas pemadam kebakaran memadamkan sisa api yang membakar kawasan hutan baluran. (foto:fat)
Petugas pemadam kebakaran memadamkan sisa api yang membakar kawasan hutan baluran. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Kebakran kawasan Hutan di Kabupaten Situbondo kembali terjadi, Namun kali ini, yang terbakar kawasan taman nasional  Baluran Situbondo, tepatnya di blok waduk Bajulmati yang terbakar dilalap si jago merah, Kamis (21/11/2019).
Namun, karena saat kejadian angin bertiup sangat kencang,sehingga kobaran  api langsung menyebar ke sjumlah titik  di kawasan hutan blok waduk bajumlati. Bahkan, hanya dalam hitungan menit, kobaran api menyambar daun kering dan ranting kering di  kawasan hutan jati, dengan luas dua hektar lebih.
Mengetahui kawasan hutan jati di  Taman Nasional Baluran Situbondo terbakar dan dikhawatirkan akan meluas, anggota Muspika Banyuputih Situbondo dan petugas Pusdalop BPBD Situbondo, para relawan, Mereka langsung memadamkan kobaran api. Itupun  dengan menggunakan alat seadanya.
Kobaran api yang membakar   dua hektar lebih kawasan hutan jati dan  sonokeling  Baluran Situbondo itu,  baru dapat dipadamkan sekitar dua jam setelah kejadian, setelah satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Situbondo datang ke lokasi kejadian.
“Mengetahui kawasan hutan jatin terbakar, anggota  Muspika dan para relawan, mereka bahu membahu  memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya,”kata Nanang, Camat Banyuputih, Situbondo, Kamis (21/11/2019).
Sementara itu, Puryono koordinator Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemkab Situbondo Puryono membenarkan terjadinya  kebakaran di  kawasan hutan jati di Taman Nasional Baluran Situbondo.
“Berdasarkan keterangan  petugas kawasan hutan Taman Nasional Baluran Situbondo, luas kawasan hutan jati yang terbakar sekitar dua hektar lebih, sedangkan penyebabnya masih dalam penyelidikan petugas,”ujar Puryono.(fat)



Loading Facebook Comments ...