Search

Kebakaran Hutan di Australia Pengaruhi Masa Depan Bumi

Kebakaran hutan di Australia. (foto,Ist)
Kebakaran hutan di Australia. (foto,Ist)

Jakarta, Reportasenews.com – Kebakaran hutan yang melanda Australia adalah pertanda tentang apa yang akan terjadi di seluruh dunia jika suhu dibiarkan naik ke tingkat berbahaya.

Kebakaran  kali ini, menunjukkan tingkat pemanasan yang lebih cepat daripada rata-rata global. Para ilmuwan memperingatkan bahwa dampak kerusakan iklim cenderung menjadi bencana dan tidak dapat diubah, kecuali semua berkomitmen mengurangi emisi gas rumah kaca.

“Dampak dari kebakaran di Australia ini sangat berat apabila kita tidak melakukan apa yang diperlukan untuk menstabilkan iklim dunia,” ujar Corinne Le Quéré, profesor ilmu perubahan iklim dan kebijakan di University of East Anglia (UEA).

Pemanasan global telah menyebabkan peningkatan frekuensi dan tingkat keparahan cuaca akibat kebakaran yang terjadi di berbagai belahan dunia.

Upaya untuk menumbuhkan kembali hutan setelah kebakaran mereda juga akan membantu, dengan mengambil karbon dioksida dari atmosfer yang telah dipancarkan sebagai akibat dari kebakaran, namun ini akan membutuhkan beberapa dekade untuk pertumbuhan pohon baru.

Kebakaran di Australia diperkirakan masih akan terjadi dalam dua bulan ke depan, dikarenakan cuaca di Samudera Hindia yang lebih panas dan lebih kering setidaknya sampai Januari dan Februari.(dik)




Loading Facebook Comments ...