Search

Kejadian Langka, Kapal Perang AL AS Tabrakan Dengan Kapal Barang

USS Fitzgerald mengalami rusak parah sisi kanan akibat ditabrak kapal Filipina
USS Fitzgerald mengalami rusak parah sisi kanan akibat ditabrak kapal Filipina

Jepang, reportasenews.com – Kapal perusak Angkatan Laut AS, USS Fitzgerald bertabrakan dengan kapal dagang Filipina diperairan Jepang. Kejadian ini termasuk langka terjadi dan mengundang pertanyaan bagaimana kapal sebesar itu bisa beradu badan demikian parahnya.

Ini adalah insiden kedua setelah yang pertama terjadi kasus serupa pada bulan Mei, Angkatan Laut USS Lake Champlain bertabrakan dengan kapal penangkap ikan Korea Selatan namun kedua kapal tersebut dapat beroperasi di bawah kekuatan mereka sendiri.

Angkatan Laut AS mengatakan bahwa salah satu kapal perusaknya bertabrakan dengan kapal dagang Filipina di barat daya Yokosuka, Jepang, di tengah malam dan Penjaga Pantai Jepang melaporkan tujuh anggota awak AS hilang.

Armada ke-7 mengatakan tabrakan tersebut terjadi dengan kapal dagang ACX Crystal yang berbendera Filipina dengan bobot mati 29.000 ton sekitar tiga kali ukuran kapal perang AS.

Penjaga pantai Jepang juga mengatakan bahwa kapal AS mengalami beberapa kebocoran namun tidak dalam bahaya tenggelam, sementara kapal dagang tersebut dapat berlayar dengan santainya.

Angkatan Laut AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa USS Fitzgerald bertabrakan dengan sebuah kapal dagang sekitar pukul 02.30 waktu setempat (1730 GMT), sekitar 56 mil laut barat daya Yokosuka, sebuah insiden langka di sebuah jalur perairan yang sibuk.

Kapal dagang ACX Crystal milik Filipina berbobot 29 ribu ton

Kapal dagang ACX Crystal milik Filipina berbobot 29 ribu ton

Angkatan Laut mengatakan satu pelaut A.S. yang cedera akan dievakuasi oleh helikopter penjaga pantai Jepang.

“USS Fitzgerald mengalami kerusakan pada sisi kanannya di atas dan di bawah garis air,” kata Angkatan Laut dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan tingkat kerusakan kapal dan luka-luka pada krunya masih terus ditentukan. Fitzgerald masih bisa berjalan, “meskipun dorongan proporsinya terbatas”.

Seorang juru bicara Armada ke-7 AS mengatakan sebelumnya bahwa kapal tersebut menuju ke Yokosuka dengan kekuatannya sendiri pada 3 knot dan kemungkinan akan berlabuh dalam beberapa jam.

Terletak di dekat teluk Tokyo, Yokosuka dan perairan di selatannya sibuk dengan kapal komersial yang berlayar ke dan dari dua pelabuhan kontainer terbesar di Jepang di Yokohama dan Yokohama.

Kapal USS Dewey dan dua kapal tunda Angkatan Laut dikirim untuk memberikan bantuan, kata Angkatan Laut.

Penyiar Jepang NHK menunjukkan rekaman udara, tampak kapal AL AS penyok besar di sebelah kanannya, atau sisi kanannya. Gambar yang disiarkan oleh NHK menunjukkan bahwa kerusakan itu tepat di sebelah radar radar Aegis di belakang tabung peluncuran rudal vertikalnya.

Gambar menunjukkan kerusakan yang tampak signifikan di geladak dan bagian radar. NHK juga menunjukkan cuplikan kapal kontainer tersebut dan mengatakan bahwa pihaknya menuju ke Tokyo dengan tenaga dorongannya. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...