Search

Kejari Situbondo Tangkap Paksa Tiga Terpidana

Tiga terpidana diamankan Kejaksaan Negeri Situbondo. (foto:fat)
Tiga terpidana diamankan Kejaksaan Negeri Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com -Tim gabungan Kejaksaan Negeri (Kejari) Situbondo bersama unit opsnal Satreskrim Polres Situbondo,  Senin (15/1) menangkap  dua terpidana kasus penyerobotan tanah dan satu terpidana kasus Pemilu. Itu dilakukan karena ketiganya tidak memenuhi kewajibannya,  setelah mendapatkan putusan dari Mahkamah Agung (MA) dan Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya.

Kasi Pidum Kejari Situbondo, Bagus Nur Jakfar Adi Saputro mengatakan,  jika  dua  terpidana penyerobotan tanah  tersebut.  Masing-masing adalah,  Hj Atikah (67) warga  Desa  Tanjung Pecinan dan Mawardi (58) Desa Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran.

”Keduanya   dinyatakan bersalah dan meyakinkan telah melanggar pasal 167 ayat (1) jo pasal 55 ayat (1) KUHP dijatuhi hukuman selama empat bulan penjara oleh MA. Sedangkan Sri Handayani terbukti telah melanggar pasal 178, UU RI Nomor 1 tahun 2014 divonis  selama 1 tahun penjara oleh majelis hakim  PT Surabaya,”kata Bagus Nur Jakfar Adi Saputro, Senin (15/1)

Menurutnya, setelah mendapat putusan dari MA, ketiganya tidak pernah memenuhi kewajibannya sebagai terpidana. Selain itu, saat  panggil  dan hengak dijemput   oleh petugas gabungan  ketiganya  selalu mangkir.”Maka  dari itu,  kami yang mendapat perintah, langsung melakukan pencarian dan berhasil menangkap ke tiga terpidananya,”imbuh Nur Jakfar.

Pria asal Desa Kotakan, Kecamatan Kota, Situbondo mengatakan,  ketiga terpidana itu ditangkap pada tempat yang berbeda,  dua terpidana kasus penyerobotan tanah itu  ditangkap petugas di rumahnya  masing-masing di Kecamatan Mangaran.” Sedangkan  terpidana kasus Pemilu, Sri Handayani warga Desa Wringinanom, Kecamatan Panarukan ditangkap di sekitar alun-alun  Kota Situbondo,”bebernya.

Selanjutnya, ketiga terpidana yang berhasil diamankan oleh Kasi Pidum Kejari Situbondo, mereka  langsung diserahkan ke Rumah Tahanan (Rutan) Situbondo,  untuk memenuhi kewajibannya agar menjalani hukuman kurungan yang sudah dijatuhkan oleh MA dan PT Surabaya.

“Ketiga  terpidana ini langsung kita serahkan ke Rutan Situbondo untuk memenuhi kewajibannya, kedua terpidana penyerobotan tanah hukumannya empat bulan, sedangkan  Sri Handayani satu tahun penjara,”pungkasnya.(fat)

 




Loading Facebook Comments ...