Search

Kembangkan Ternak Sapi, Pemkab Situbondo Gandeng PT Santori

Wabup Situbondo Yoyok Mulyadi. (foto:fat)
Wabup Situbondo Yoyok Mulyadi. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com -Untuk mengembangkan ternak sapi di Kabupaten Situbondo, Pemkab Situbondo menggandeng PT Santosa Agrindo (Santori), melalui skema  kemitraan, dengan para peternak lokal di Kabupaten Situbondo.

Bahkan, sebagai bentuk keseriusan PT Santori, untuk mengembangkan  usaha penggemukan dan pembiakan sapi, PT Santori  melakukan pemaparan tentang pengembang biakan dan penggemukan sapi,  kepada para kelompok ternak sapi  di Kabupaten Situbondo.

Kegiatan pemaparan PT Santori dalam mengembangkan dan penggemukan sapi melalui skema kemitraan, dengan para peternak lokal di Kabupaten Situbondo itu, dibuka langsung Wabup Yoyok Mulyadi di ruang rapat Bupati  Situbondo.

Wabup Situbondo  Yoyok Mulyadi mengatakan, untuk mengembangkan ternak sapi di Kabupaten Situbondo, Pemkab Situbondo sengaja menggandeng PT Santori, melalui skema kemitraan, dengan tujuan, untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak sapi di Kabupaten Situbondo.

“Dalam kerjasama ini, para peternak sapi Situbondo sangat diuntungkan, karena para peternak sapi   hanya menyediakan kandangnya saja, sedangkan sapi dan pakannya di siapkan  langsung PT Santori,”kata Wabup Yoyok Mulyadi, Rabu (14/2).

Menurutnya, dalam pola kemitraan ini, para peternak juga dapat memanfaatkan kotoran sapinya, karena kotoran sapi tersebut juga dapat digunakan untuk pupuk organik, sedangkan sapi yang sudah digemukan itu, nantinya  akan dibeli kembali oleh PT Santori.

“Jadi dalam skema kemitraan ini, para peternak tidak harus mempunyai modal, melainkan hanya memberi jaminan, karena dalam pengembang biakan dan penggemukan sapi ini, PT Santori melakukan kerjasama dengan salah satu Bank,”bebernya.

Lebih jauh Wabup Yoyok menegaskan, sebagai pilot proyek dalam kerjasama ini, dan untuk memberikan motivasi kepada para peternak di Kabupaten Situbondo, dirinya akan mencoba untuk memberi uang  jaminan sebesar Rp.200 juta.”Sejumlah uang tersebut tidak serahkan langsung kepada PT Santori, melainkan disimpan di rekening pribadi di BRI. Jadi, jika saya memberikan uang jaminan Rp.200 juta, saya akan mendapat sebanyak lima  ekor  sapi indukan yang bunting dan tujuh ekor pedet,”pungkasnya.(fat)

 




Loading Facebook Comments ...