Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Jelajah · 28 Jun 2019 19:22 WIB ·

Kemenpar Gaungkan Maluku-Malut sebagai Pulau Rempah-Rempah Dunia


					Gelar seni budaya dalam Festifal Jailolo 2019  (Foto.Ist) Perbesar

Gelar seni budaya dalam Festifal Jailolo 2019 (Foto.Ist)

Jailolo, Reportasenews.com  – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) berupaya menggaungkan Maluku dan Maluku Utara sebagai pulau rempah-rempah dunia dalam Festival Jailolo 2019.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyambut baik penyelenggaraan Festival Teluk Jailolo 2019 sebagai salah satu rencana strategis untuk meningkatkan promosi destinasi wisata kawasan Indonesia Timur, khususnya Maluku Utara melalui event pariwisata.

“Festival Teluk Jailolo 2019 merupakan salah satu strategi yang ampuh untuk memperkenalkan keindahan destinasi wisata sekaligus kekayaan budaya Indonesia kepada dunia,” jelas Arief Yahya.

Festival Jailolo kembali diselenggarakan tahun ini pada 24-29 Juni 2019 di Halmahera Barat, Maluku Utara.

Festival yang digelar untuk ke-11 kalinya itu mengusung tema utama Pesona Budaya Kepulauan Rempah. Tema ini diangkat untuk mempromosikan kembali Maluku dan Maluku Utara yang sejak zaman dahulu sudah dikenal sebagi salah satu surga rempah-rempah dunia.

Menurut Arief, festival ini sangat potensial untuk dapat membantu menarik jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia khususnya ke Maluku Utara, sehingga bisa membantu tercapainya target capaian 18 juta kunjungan wisman di penghujung 2019.

Senada dengan Menpar, Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Hariyanto, mengatakan jika Festival Teluk Jailolo 2019 ini merupakan langkah yang positif untuk meningkatkan promosi Maluku Utara sebagai salah satu pulau di Indonesia yang bukan hanya kaya akan destinasi dan budayanya saja, tapi juga sebagai surganya rempah-rempah dunia yang sudah lama dikenal oleh dunia.

“Disusunnya beberapa agenda utama selama Festival Teluk Jailolo 2019, seperti kirab budaya dan pameran wisata kuliner khas daerah ini diharapkan dapat menjadi magnet yang ampuh untuk menarik calon wisatawan agar merencanakan perjalanan liburan mereka ke Pulau Halmahera Barat,” kata Hariyanto.

Untuk memastikan gaung promosi Festival Teluk Jailolo ini dikenal luas oleh masyarakat, Kementerian Pariwisata turut menggelar Pekan Foto Internasional Jailolo 2019 (Jailolo International Photo Week 2019) dengan menghadirkan 15 fotografer berpengalaman perwakilan dari 11 negara, seperti Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Myanmar, Filipina, Vietnam, Tiongkok, Australia, Selandia Baru, dan Bahrain.

Seluruh delegasi fotografer tersebut akan berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada masyarakat sekitar Jailolo serta turut dilibatkan untuk mengeksplorasi Halmahera Barat selama digelarnya Festival Teluk Jalilolo 2019.

“Dengan kehadiran berbagai fotografer internasional selama event berlangsung diharapkan mampu meningkatkan promosi pariwisata Indonesia kepada dunia melalui keindahan foto yang mereka abadikan selama festival,” pungkas Arief Yahya.(*)

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Duplikat Jembatan Kapuas 1 segera Diresmikan Presiden Jokowi

18 Maret 2024 - 20:45 WIB

Tolak Pejabat Arogan dan Kontraktor Impor, Puluhan Kontraktor Datangi Kantor DPUPP Situbondo

18 Maret 2024 - 16:54 WIB

Terlibat ‘Perang Sarung’  Sejumlah Remaja di Ringkus Polisi

18 Maret 2024 - 15:28 WIB

Ratusan Rumah di Kecamatan Besuki Situbondo, Terendam Air Luapan Sungai Jumain

18 Maret 2024 - 15:17 WIB

Kena Ledakan Petasan, Tangan Kiri Bocah 14 Tahun Alami Luka Bakar

18 Maret 2024 - 15:13 WIB

Tim Kuasa Hukum Hotman 911 Sebut Kematian Santri di Kabupaten Tebo Janggal

18 Maret 2024 - 15:06 WIB

Trending di Hukum