Search

Kenalkan Wisata Gunung Arguporo Lewat Gowes

Bupati dan kapolres bersama pejabat Pemkab Situbondo, gowes bersama ratusan biker.(foto: fat)
Bupati dan kapolres bersama pejabat Pemkab Situbondo, gowes bersama ratusan biker.(foto: fat)

Situbondo, reportasenews.com – Guna mengenalkan Wisata Gunung Arguporo, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto melakukan gowes bersama 850 biker mengelilingi kawasan lereng Gunung Arogupuro, Desa Sumbermalang, Kecamatan Sumbermalang, Situbondo, Jawa Timur.

Menariknya, ratusan penghoby sepeda angin yang mengikuti Gowes Tapal Kuda (Gotada) ke-9 Tahun 2017 itu, tidak hanya berasal dari sejumlah daerah di Jawa Timur. Bahkan, para peserta Gotada itu berasal dari si Bali.

Pantauan Reportasenews.com dilapangan, usai melepas Gotada ke-9 Tahun 2017, Bupati Dadang Wigiarto SH dan Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Situbondo, gowes bersama ratusan biker mengelilingi lereng Argopuro sepanjang 17 kilometer.

Meski Gunung Argopuro juga melalui jalur Bromo Kabupaten Probolinggo, namun Pemkab Situbondo mengajak ratusan biker mengelilingi lereng Gunung Arguporo, dengan tujuan untuk memperkenalan akses paling mudah sampai ke situs Rengganis di Gunung Argopuro hanya melalui Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Situbondo.

Bupati Dadang Wigiarto, yang ikut bersama rombongan biker mengatakan, pihaknya melakukan road show bersama ratusan biker, untuk mengajak partisipasi masyarakat mengelola Wisata Gunung Argopuro.

”Karena tanpa partisipasi masyarakat, Pemkab Situbondo tak akan berhasil membangun kawasan wisata. Oleh karena itu, sudah saatnya kawasan lereng Gunung Argopuro dibangun sebagai tujuan wisata,” kata Bupati Dadang Wigiarto.

Dadang mengaku, dalam waktu dekat dirinya bersama Wakil Bupati Yoyok Mulyadi, akan melakukan survey lapangan, untuk memastikan titik mana saja infastruktur pendukung yang akan segera dibangun.

”Oleh karena itu, untuk mewujudkan Gunung Arguporo sebagai tujuan wisata melalui Desa Baderan, kami bersama Wabup Yoyok Mulyadi itu melakukan survey bersama untuk menentukan titik insfrastruktur yang akan dibangun,” beber Dadang Wigiarto.

Sementara itu, salah satu biker asal Bali, Wayan mengatakan, selain rute yang dilalui sangat menantang dengan panorama alam yang sangat indah, kegiatan Gotada ke-9 tahun 2017 ini mendapat sambutan baik dari warga setempat.

Terbukti, di setiap rute yang dilalui para biker peserta Gotada ke-9, warga menyediakan makanan dan buah-buahan khas Sumbermalang. Bahkan, salah seorang warga menyediakan kopi gratis di depan rumahnya, yakni rute yang dilalui para biker.

”Saya mewakili para peserta Gotada ke-9 mengucapkan terima kasih kepada warga, karena di sepanjang rute yang dilalui itu warga menyediakan buah dan makanan khas, sehingga para peserta tidak merasa kelaparan,” ucap Wayan.(fat)




Loading Facebook Comments ...