Search

Kenapa Mesin Cuci Samsung Bisa Meledak?

FOTO: ilustrasi mesin cuci samsung
FOTO: ilustrasi mesin cuci samsung

JAKARTA, REPORTASE – Entah kenapa Samsung dirundung masalah terus. Setelah kasus battere Samsung Galaxy Note 7S yang mudah meledak dengan sendirinya, kini muncul lagi kasus dugaan meledaknya mesin cuci buatan Samsung, demikian menurut engadget.

Peringatan akan mesin cuci Samsung jenis top-loader (masuknya dari sisi atas) ini dikeluarkan oleh otoritas US Consumer Product Safety Commission (CPSC) akibat masuknya laporan para pemakai mesin ini yang dirugikan akibat ledakan di Georgia, Indiana, Texas, Amerika.

ABC News melaporkan 21 orang telah mengajukan kasus ke CPSC sejak awal tahun 2015 mesin cuci meledak berhamburan kian kemari. Satu pemakai produk ini di Texas mengatakan ledakan memiliki kekuatan sangat besar menembus dinding garasinya. Samsung juga menghadapi gugatan class action di New Jersey atas masalah serupa.

Menyusul laporan, CPSC membuat peringatan resmi untuk top-loading Samsung unit yang dibuat antara Maret 2011 dan April 2016, tetapi mereka  tidak menyebutkan secara khusus  nomor model produk itu. Dalam sebuah pernyataan di situsnya, Samsung mengatakan bahwa mereka siap bekerjasama  dengan regulator di Amerika “untuk mengatasi masalah keamanan potensial.”

Samsung mengatakan bahwa dalam kasus yang jarang,  mesin cuci mungkin mengalami getaran yang abnormal terlalu kuat ketika pelanggan mencuci barang berukuran besar seperti tempat tidur. Getaran hebat ini mungkin menimbulkan risiko  kerusakan property.

“Sangat penting untuk dicatat bahwa pemakai mesin ini telah menyelesaikan ratusan juta kali cucian tanpa insiden sejak 2011,” kata pernyataan itu.

Untuk saat ini, Samsung merekomendasikan bahwa pemilik menggunakan putaran mesin halus berkecepatan rendah saat mencuci “selimut, bahan berat besar atau bahan kain anti air” . Sejauh ini, belum ada masalah yang melaporkan masalah mesin cuci Samsung jenis front-loading. (HSG/engadget)




Loading Facebook Comments ...