Search

Kertas Suara Kurang TPS 03 Kejayan Pasuruan Lakukan Pemungutan Suara Lanjutan

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan, M Nasrup. (Foto : abd)
Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan, M Nasrup. (Foto : abd)

Pasuruan, reportasenews.com – Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di Desa Wangkal Wetan, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Jatim, hari Rabu (24/4/2019), dipastikan dilaksanakan di satu TPS yang sebelumnya kekurangan surat suara untuk pilihan presiden (PIlpres) pada Pemilu serentak pada Rabu (17/4/2019) lalu. Kepastian tersebut setelah ada rekomendasi dari Bawaslu Kabupaten Pasuruan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan, M Nasrup mengatakan, bahwa pihaknya telah memberikan rekomendasi terhadap KPU terkait permasalahan kekurangan surat suara yang terjadi di Desa Wangkal Wetan, Kecamatan Kejayan, dan KPU siap melaksanakan. Dari persiapan di TPS tersebut untuk pelaksanaan Rabu besok sudap siap. Demikian juga para pemilihnya juga telah diberitahu,” ujarnya, Selasa (23/4/2019).
Ia menegaskan bahwa rekomendasi dikeluarkan setelah pihaknya lakukan kajian dan terjun ke lapangan untuk memastkan atas kekurangan surat suara untuk pilpres.”Dari koordinasi bersama KPPS dan PPK Kejayan ada kekurangan 46 surat suara pilpres untuk TPS 03 di Desa Wangkal Wetan. Pada hari Sabtu sore lalu sudah kami sampaikan ke pihak KPU agar dilaksanakan PSL, namun bukan pemungutan suara ulang,” kata Nasrup.
Dari kajian itu, lanjut Nasrup, untuk dua TPS lainnya sudah terlaksana, karena kekurangan kertas suara pilpres sudah diatasi oleh PPS setempat. Karena sesuai dengan Surat Edaran dari KPU sudah jelas dan bisa dilaksanakan pada Pemilu ini.“Jadi tidak perlu Pemungutan Suara Ulang (PSU) hanya dilakukan PSL saja, dan pelaksanannya kami rekomendasikan kepada KPU agar dilaksanakan Rabu tanggal 24 April,” ungkap dia.
Nasrup menambahkan, nantinya para pemilih yang pada pencoblosan 17 April lalu belum menyalurkan hak pilihnya, dapat melakukan pencoblosan, karena sesuai aturan. Data pemilih juga telah dikantongi para panita PPS. Pihaknya pun berharap agar PSL berjalan lancar sehingga tak lagi ada masalah.”Karena di TPS 03, begitu surat suara pengganti datang saat itu, sebanyak 46 pemilihnya pada pulang semua,” jelas Nasrup.
Seperti diketahui kasus kekurangan surat suara pilpres itu menjadi polemik di masyarakat luas, hingga disebut ada tuntutan dari sejumlah tim sukses, agar dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU). Kekurangan surat suara terjadi di TPS 01, kurang 5 lembar.TPS 03, kurang 134 surat suara dari 294 kebutuhan DPT. Juga terjadi di TPS 04, yang hanya menerima 147 surat suara. Padahal, di Daftar Pemilih Tetap (DPT) tertera 247 pemilih. (abd)



Loading Facebook Comments ...