Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Nasional · 9 Okt 2016 19:41 WIB ·

Ketel Produksi Tahu Meledak, 7 Rumah Hancur 3 Pekerja Kritis


					Rumah hancur terkena ledakan ketel produksi tahu Perbesar

Rumah hancur terkena ledakan ketel produksi tahu

PROBOLINGGO, REPORTASE  – Tujuh rumah hancur, setelah ketel produksi tahu meledak di rumah Mustofa, Desa Sambirampak, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (9/10).

Ledakan terjadi saat sejumlah karyawan bekerja  memproduksi tahu. Akibatnya, selain menghancurkan  tujuh rumah yang berdekatan dengan lokasi , tiga pekerja kritis karena luka bakar dan dirawat di rumah sakit Rizani Paiton.

Korban ledakan masing masing adalah Supandi (56), Suwarni (57), dan Sakdullah (27). Seluruhnya merupakan karyawan pabrik tahu yang baru berdiri sebulan terakhir ini.

Kejadian bermula ketika Mustafa memproduksi tahu bersama sejumlah pekerjanya, saat produksi berjalan, salah satu pekerjanya lupa membuka penutup ketel tahu dari baja, berdiameter satu meter, setinggi dua meter. Akibatnya, uap yang tertampung dalam tabung itu, tertahan. Hingga akhirnya tabung tidak kuat lagi menahan tekanan, dan meledak.

“tidak jelas bagaimana mulanya, tiba-tiba ada ledakan. Saya kira suara petir yang menggelegar, tapi ternyata ketel itu yang meledak,”kata Shodiq, salah satu warga di lokasi kejadian.

Menurut Kasat Reskrim Polres Probolinggo, AKP Hariyanto Rante Salu, dari hasil penyelidikan sementara, ledakan itu memang di sebabkan adanya human error, ketika salah satu karyawan home industri tahu ini, lupa membuka penutup ketel.

“Kami pasang police line di lokasi, untuk dilakukan pemeriksaan selanjutnya. Ada 5 korban dari peristiwa ini, 2 lukaringan dan 3 di rawat di rumah sakit,” terang AKP Hariyanto, ketika di lokasi kejadian. (fiq)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Gunung Ruang di Sulawesi Utara Meletus, Sebanyak 828 Warga Dievakuasi

18 April 2024 - 05:18 WIB

Pohon Berukuran Besar Tumbang, Jalur Pantura Situbondo Sempat Macet

17 April 2024 - 20:05 WIB

Mikael Injek Barayungk Maju dalam Pilkada Gubernur Kalbar

17 April 2024 - 19:03 WIB

Mantan Kapolda NTT Daftar ke Gerindra Jadi Calon Gubernur

17 April 2024 - 17:11 WIB

Gudang Farmasi Situbondo, Diduga Dijadikan Ajang Pesta Miras Karyawannya

17 April 2024 - 15:15 WIB

Boneka Hello Kitty Jadi Modus Penyelundupan Sabu Antar Provinsi

16 April 2024 - 17:23 WIB

Trending di Daerah