Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Internasional · 24 Feb 2017 19:33 WIB ·

Kim Jong Nam Dihabisi Racun Gas Syaraf VX di Airport KL


					Tersangka pembunuhan saudara tiri Kim Jong Un di Malaysia Perbesar

Tersangka pembunuhan saudara tiri Kim Jong Un di Malaysia

Malaysia, reportasenews.com: Kim Jong Nam saudara tiri pemimpin Korut Kim Jong Un dinyatakan dibunuh memakai substansi racun gas syaraf yang disemprotkan kewajahnya dihari nahas dia dieksekusi di Bandara KL.

Menurut Korea Times mengutip polisi, laporan toksikologi awal pada pembunuhan Kim di bandara Kuala Lumpur, polisi mengatakan racun yang digunakan oleh para pembunuh adalah tidak berbau, hambar dan sangat beracun.

Jenis racun itu adalah racun gas saraf VX. Sisa dari racun syaraf VX (nerve agent VX) masih terdeteksi pada saputangan penyeka muka korban dan mata Jong Nam.

Penggunaan racun syaraf VX dipakai sebagai senjata kimia dimasa perang, oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) disebutkan sebagai racun “yang paling ampuh” dari semua racun saraf.

“Ada kemungkinan bahwa setiap terkena kontak dengan cairan racun VX pada kulit, kecuali dicuci segera, hasilnya akan mematikan,” kata CDC di situsnya.

Semua agen saraf menyebabkan efek beracun membuat korban yang terkena tidak mampu mempertahankan pernapasan, tercekik dan kemudian meninggal ditempat.

Bocoran CCTV footage dari serangan kepada Jong Nam pada 13 Februari menunjukkan korban sedang didekati oleh dua wanita yang muncul dari belakang dan membekapkan sesuatu kewajahnya.

Beberapa saat kemudian Jong Nam terlihat meminta bantuan dari staf bandara, yang langsung membawanya ke klinik. Polisi Malaysia mengatakan ia menderita kejang dan meninggal sebelum sampai di rumah sakit.

Otopsi awal mengira dia terkena gagal jantung, dan penyidikan difokuskan pada teori bahwa korban terkena racun diwajahnya, seperti apa yang dituduhkan oleh Korea Selatan yang mengatakan itu adalah pembunuhan terencana.

Detektif Malaysia menahan tiga orang – perempuan dari Indonesia dan Vietnam, dan seorang pria Korea Utara – dan ditambah lagi dengan tujuh orang tersangka lain. (HSG)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Dua PSK, Satu Mucikari Serta Seorang Pria Hidung Belang Diamankan Satpol PP Situbondo 

20 April 2024 - 10:03 WIB

Ratusan Santri Asal Pulau Raas Madura, Mulai Kembali ke Ponpes Situbondo

19 April 2024 - 20:19 WIB

15 Kilogram Sabu dari Malaysia Masuk Ke Kalbar, Seorang Kurir Berhasil Diringkus

19 April 2024 - 19:04 WIB

Wali Kota Binjai Amir Hamzah Mendaftar Pencalonan Bakal Calon Walikota ke Partai Demokrat

19 April 2024 - 18:52 WIB

Polres Kubu Raya Ungkap Motif Suami Bunuh Mantan Istri di Gang Limbung Kubu Raya

19 April 2024 - 17:53 WIB

Debit Air Sungai Batanghari Naik, BPBD Minta Masyarakat Waspada

19 April 2024 - 16:44 WIB

Trending di Daerah