Search

“Kinesiology Tape” Dipakai Oleh Pelari Marathon dan Atlet Olahraga

K-Tape biasanya  ditempelkan dibadan untuk menekan nyeri saat olahraga
K-Tape biasanya ditempelkan dibadan untuk menekan nyeri saat olahraga

Amerika, reportasenews.com – Jika kita melihat pertandingan lari profesional, kerap kita melihat para pelari memasang plester (tape) dengan warna warni cerah dikaki, lutut, sampai kebahu mereka. Itu adalah K-Tape atau lazim dikenal sebagai plester “Kinesiology tape”

K-Tape dipakai oleh pelari karena dikabarkan mampu meredam rasa nyeri hebat akibat kelelahan tubuh dipaksa melakukan latihan berat dimana batas tubuh dapat menerima. Tugas plester ini adalah meredam kesakitan yang timbul atau sama artinya menjaga daya tahan atlet untuk terus bergerak.

Apakah K-Tape dapat bekerja sesuai promosinya?

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2008 oleh Chen di Cina Medical University, lima belas wanita dengan sindrom nyeri patellofemoral (lutut pelari) dipelajari saat naik dan turun tangga dengan rekaman kinesiologi, pola plester serupa menggunakan plester atletik non elastis yang normal sebagai plasebo.

Pengaktifan otot paha depan dan dampaknya saat menuruni tangga diukur dan dibandingkan, baik di antara kondisi perekaman dan dengan sekelompok sepuluh wanita sehat yang juga melakukan tes melangkah tangga dengan plester kinesiologi, plester atletik biasa, dan tanpa diberi plester.

Chen menemukan bahwa plester dapat mengurangi kekuatan benturan saat menuruni tangga dan mengubah pola aktivasi otot agar lebih sesuai dengan individu sehat.

Sayangnya, tidak ada informasi yang dikumpulkan mengenai apakah wanita dalam penelitian ini benar-benar mengalami penghilang rasa sakit.

Konsumen lantas membandingkan fungsi Kinesio tape versus plester patella tradisional. Namun, studi lain yang relevan oleh Cowan dkk. Pada tahun 2002 meneliti sepuluh wanita dan menggunakan setup eksperimental yang sangat mirip, namun hanya membandingkan plester patela tradisional (menggunakan plester atletik nonelastik) dengan plester plasebo yang sangat longgar. Hasilnya serupa, yakni perubahan otot quadriceps yang minim namun secara statistik menjadi penting.

K-Tape yang berwarna cerah terdiri dari serat kapas dengan helai elastis polimer yang terjalin seluruhnya. Sedangkan plester atletik tradisional membatasi aliran darah dan gerakan, pita kinesiologi lentur dan memungkinkan pergerakan penuh.

Pertama kali dikembangkan pada tahun 1970an oleh chiropractor Jepang Kenzo Kase, plester kinesiologi menjadi terkenal setelah Olimpiade 2008, dan beberapa perusahaan telah mengembangkan produk dari Kaseo Tex Tape Kase sejak itu.

Meskipun bisa diterapkan dalam berbagai pola, plester itu sebagian besar bekerja dalam beberapa cara utama. Pita kinesiologi menawarkan dukungan struktural atau otot; Itu dapat memperbaiki masalah postural dan meningkatkan aliran darah dan drainase limfatik.

Bila pita atau plester itu diaplikasikan dengan benar, alat ini akan mencapai efek terakhir ini dengan mengangkat kulit untuk menciptakan ruang kecil di antara lapisan otot dan dermis. Ruang itu mengambil tekanan dari pembengkakan atau cedera otot, memungkinkan gerakan otot polos dan membuat ruang untuk drainase dan aliran darah.

“Kami sedang membicarakan pemisahan yang sangat, sangat kecil, tapi cukup,” kata Dr. Justin Pierce, seorang ahli chiropractor Scottsdale, Ariz yang menggunakan rekaman itu pada pasiennya.

Baik Pierce maupun VanNederynen mengatakan bahwa mereka menggunakan plester itu sendiri untuk naik sepeda panjang, triatlon atau maraton. Tapi mereka berdua juga mengakui bahwa beberapa manfaatnya mungkin bersifat mental, terutama bagi orang-orang dengan luka-luka lama.

“Berhasil. Apakah kita tahu cara kerjanya? Tidak pasti,” kata Pierce. “Saya pikir itu memang melakukan sesuatu.”

Ada beberapa merek plester kinesiologi yang tersedia di toko lari, triatlon dan bersepeda khusus. Tape biasanya tersedia dalam lebar dua inci atau empat inci dan beberapa merek, termasuk Rock Tape, Spidertech dan Kinesio, juga memiliki pita precut yang praktis yang dibuat khusus untuk bagian tubuh tertentu seperti lutut, kaki, bahu dan punggung.

Dan tidak seperti plester olahraga tradisional, pita kinesiologi hadir dalam warna dan pola cerah yang menyenangkan. Jangan khawatir jika gagap memasang plester itu sendiri; Sebagian besar situs web produsen menawarkan video instruksional atau akan membantu Anda memasang itu dibadan. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...